Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43910
Title: Strategi Komunikasi Kantor Staf Presiden Republik Indonesia Dalam Menyosialisasikan Situs Www.Lapor.Go.Id
Other Titles: --
Authors: Tesha Rizkia
Advisors: Sihabudin Noor
Keywords: laporan dan aspirasi;Indikator Kinerja Utama
Issue Date: 12-Nov-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Strategi Komunikasi Kantor Staf Presiden Republik Indonesia dalam Menyosialisasikan Situs www.lapor.go.id Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) merupakan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang berbasis media sosial. LAPOR! dikelola oleh Kantor Staf Presiden dan Kementerian PANRB. LAPOR! dapat diakses melalui situs, SMS, Twitter, dan aplikasi di ponsel pintar. Di satu sisi, LAPOR! memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menyampaikan aduan di sekitarnya kepada pemerintah. Di sisi lain, pengguna LAPOR! terbilang sedikit dibanding dengan pengguna internet di Indonesia sebesar 54% dari total penduduk Indonesia tahun 2017. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, muncul pertanyaan, Bagaimana wujud sosialisasi situs www.lapor.go.id oleh Kantor Staf Presiden? Dan bagaimana tindak lanjut dari laporan dan aspirasi yang masuk ke situs www.lapor.go.id? Adapun paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruksivisme. Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep strategi komunikasi Hafied Cangara. Dalam konsep tersebut, ada lima tahapan strategi komunikasi, yaitu penelitian, perumusan strategi, implementasi strategi, evaluasi strategi, dan pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian, Tim Unit Pengelola LAPOR! tidak melakukan penelitian sebelum sosialisasi dan menggunakan unsur-unsur komunikasi saat perencanaan. Sosialisasi dilakukan melalui media sosial dan di lapangan. Saat evaluasi Tim Unit Pengelola LAPOR! mengukur Indikator Kinerja Utama. Pelaporan diserahkan kepada kepala Deputi I dan Kepala Staf Kepresidenan. Aduan yang masuk ke sistem LAPOR! akan ditindak lanjuti secara cepat dan tuntas selama tiga sampai lima hari kerja. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, LAPOR!, Sosialisasi, Pelayanan Publik, dan Tim Unit Pengelola LAPOR!.
Description: xi, 97 hlm ; 29 Cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43910
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
TESHA RIZKIA-FDK.pdf3.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.