Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43903
Title: Strategi Kehumasan Pemerintah Kota Tangerang Dalam Menyosialisasikan Program Festival Al-Azhom Melalui Media Sosial
Other Titles: --
Authors: Dian Rahmasari
Advisors: Kiky Rizky
Keywords: mengimplementasikan strategi humas;membangun kredibilitas informasi
Issue Date: 26-Dec-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Strategi Kehumasan Pemerintah Kota Tangerang dalam Menyosiasialisasikan Program Festival AL Azhom melalui Media Sosial Penelitian ini mencoba untuk menjelaskan aktivitas fungsi kehumasan, khususnya Bagian hubungan masyarakat pemerintahan Kota Tangerang dalam mengimplementasikan strategi humas untuk menyosialisasikan program Festival Al Azhom melalui media komunikasi modern seperti media dalam jaringan/daring (on-line). Berdasarkan uraian tersebut, peneliti merumuskan pertanyaan yakni, bagaimana strategi kehumasan Bagian Humas Pemerintah Kota Tangerang sebagai aktivitas komunikasi dalam menyosialisasikan program keislaman kepada masyarakat melalui media sosial? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan model deskriptif, serta teknik pengumpulan datanya dengan wawancara dan dokumentasi.Sebagai dasar analisis, peneliti menggunakan teori strategi hubungan masyarakat Cutlip, Center & Broom. Strategi tersebut disebut “7- Cs PR Communications”. Teori tersebut terdiri dari tujuh aspek yang digunakan agar interaksi dan penyebaran pesan berjalan dengan baik. Ketujuh aspek tersebut antara lain, kapabilitas, konteks, konten, kejelasan, kontinuitas, konsistensi, saluran, kapabilitas khalayak. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa, dalam menyosialisasikan program keislaman, Bagian Humas Pemkot Tangerang membangun kredibilitas informasi dengan bekerjasama dengan Diskominfo dalam menyajikan informasi aktual secara aktif di media sosial. Sebagai media penyalur informasi keislaman, media sosial yang digunakan antara lain Instagram, Facebook, dan Twitter. Informasi tentang program Festival AL Azhom yang dibagikan di media sosial tersebut dikemas secara menarik dengan penggunaan bahasa yang santai dan jelas. Namun, acara tersebut disosialisasikan hanya terbatas selama kegiatan berlangsung. Tema program keislaman yang diusung bersifat partisipatif kepada masyarakat sehingga mereka turut aktif dalam setiap kegiatan dan kebijakan Pemerintah Kota Tangerang. Kata Kunci: Humas, Media Sosial, Informasi, dan Keislaman
Description: xix, 135 hlm ; 29 Cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43903
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DIAN RAHMASARI-FDK.pdf4.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.