Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43898
Title: Pengaruh Penggunaan Akun Instagram "DuniaHalal" Terhadap Keputusan Pembelian Barang
Other Titles: --
Authors: Debbi Ismawati
Advisors: Amirudin
Keywords: penggunaan media sosial;cara menggunakan media
Issue Date: 24-Jan-2019
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Pengaruh Penggunaan Akun Instagram @duniahalal terhadap Keputusan Pembelian Barang, 2019. Instagram dengan kepopulerannya kini bukan hanya digunakan sebagai media komunikasi saja, melainkan dijadikan sarana untuk menjadi pasar potensial para pengusaha. Mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam seharusnya mendapatkan jaminan tersedianya barang halal. Dunia Halal sebagai marketplace pertama berbasis syariah ikut membuat akun Instagram sebagai media untuk beriklan. Berdasarkan latar belakang di atas, timbul pertanyaan penelitian yaitu bagaimana pengaruh penggunaan akun Instagram @duniahalal terhadap keputusan pembelian barang? Dan seberapa besar pengaruh penggunaan akun Instagram @duniahalal terhadap keputusan pembelian barang? Teori yang digunakan adalah teori uses and effect dan teori keputusan pembelian. Teori UE menjelaskan bahwa penggunaan media sosial menimbulkan dampak yang dipengaruhi oleh isi media dan bagaimana cara menggunakan media itu sendiri. Sedangkan keputusan pembelian adalah proses keputusan dan tindakan pembelian yang memilih satu keputusan di antara alternatif pilihan yang lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan batas error 10% yang menghasilkan 99 responden dari populasi followers akun Instagram @duniahalal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji regresi linier sederhana nilai t-hitung sebesar 14.456 > t-tabel dan uji F sebesar 208.985, maka dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variabel. Pada uji koefisien determinasi juga menunjukan hasil sebesar 0.683 yang artinya penggunaan akun Instagram @duniahalal memiliki pengaruh sebesar 68% terhadap keputusan pembelian barang. Sedangkan sisanya sebesar 32% dipengaruhi oleh hal lain diluar dari penelitian. Kata kunci: Pengaruh, Instagram, @duniahalal, Keputusan Pembelian dan Barang Halal.
Description: x, 95 hlm ; 29 Cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43898
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DEBBI ISMAWATI-FDK.pdf2.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.