Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43894
Title: Pengaruh Motif Penggunaan Media Terhadap Kepuasan Pengguna Video Dan Foto Di Instagram Aa Gym
Other Titles: --
Authors: Filza Itqiya
Advisors: Amirudin
Keywords: teknologi informasi berkembang pesat;memanfaatkan media sosial
Issue Date: 5-Nov-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Pengaruh Motif Penggunaan Media Terhadap Kepuasan Pengguna Video dan Foto di Instagram AA Gym, di Bawah Bimbingan Amirudin, M.Si Pada era globalisasi ini teknologi informasi berkembang pesat. Kehadiran media sosial memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Dalam menggunakan media sosial, para pengguna memiliki motif-motif tertentu untuk memuhi kebutuhannya. Saat ini banyak para pendakwah yang menggunakan media sosial sebagai media dakwahnya. Salah satunya adalah AA Gym. Pada awal kemunculannya, AA Gym merupakan dai yang memiliki banyak jama’ah. Khusunya dari kalangan ibu-ibu. Setelah keputusannya untuk berpoligami, kredibilitasnya menurun. AA Gym mulai jarang tampil untuk berdakwah di televisi. Kini ia memanfaatkan media sosial yakni instagramsebagai media dalam menyampaikan dakwahnya. Berdasarkan pernyataan di atas, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu, bagaimana pengaruh antara motif penggunaan media terhadap kepuasanpengguna video dan foto di instagram AA Gym? Seberapa besar pengaruh motif penggunaan media terhadap kepuasan penggunavideo dan foto di instagram AA Gym? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari survei, pengamatan, dan kuesioner terhadap pengguna video dan foto di instagram AA Gym instagram AA Gym. Data sekunder meliputi jurnal-jurnal ilmiah, tesis, skripsi, dan literatur lainnya. Teori yang digunakan adalah uses and gratifications. Teori uses and gratifications adalah khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Media dianggap berusaha memenuhi motif khalayak. Jika motif ini terpenuhi maka kebutuhan khalayak akan terpenuhi dan mendatangkan kepuasan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh motif terhadap kepuasan pengguna instagram AA Gym sebesar 43%. Terdapat kesenjangan antara mean GS dan GO pada dimensi pengawasan dan identitas pribadi, artinya media belum memenuhi kepuasan khalayak pada dimensi tersebut. Sedangkan pada hubungan personal dan pengalihan GS < GO. Artinya tidak terdapat kesenjangan dan media memenuhi kebutuhan khalayak. Kata Kunci : Motif, Kepuasan, Pengguna video dan foto di instagram AA Gym, Instagram, dan AA Gym.
Description: viii, 61 hlm ; 29 Cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43894
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FILZA ITQIYA-FDK.pdf1.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.