Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43891
Title: Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Integritas Karyawan Wingstop Aeon Bsd
Other Titles: --
Authors: Muhammad Kindi Akasya
Advisors: Kiky Rizky
Keywords: implementasi nilai integritas;menerapkan nilai kejujuran
Issue Date: 23-Sep-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Komunikasi Organisasi dalam Membangun Integritas Karyawan Wingstop AEON BSD Nilai inti perusahaan sebagai pedoman perilaku kerja anggota perlu disosialisasikan dan dialami oleh kelompok kerja secara optimal, sehingga nilai menjadi dasar untuk setiap tindakan yang menghasilkan kualitas produk dan jasa yang senantiasa meningkatkan mutu. Nilai integritas kerap dijadikan nilai utama dalam pedoman perilaku kerja bagi banyak perusahaan, salah satunya adalah Wingstop AEON BSD yang menaruh integritas pada posisi tertinggi dalam nilai-nilai inti perusahaan. Perusahaan ini mendapatkan dua penghargaan berturut-turut, yaitu “Best Store Performance 2016” dan “Breaking Sales Record June 2017”. Diyakini pencapaian tersebut, diraih dengan adanya suatu sistem dan iklim komunikasi yang baik di perusahaan tersebut. Permasalahan di atas menarik peneliti untuk mengetahui bagaimana iklim komunikasi organisasi di Wingstop AEON BSD? Bagaimana implementasi nilai integritas pada karyawan Wingstop AEON BSD? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang dilakukan dalam situasi yang wajar (natural setting) dan data yang dikumpulkan umumnya bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sehingga data diperoleh melalui teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi tadi diklasifikasikan dan dianalisa sesuai aspek kemudian diinterpretasikan secara logis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah iklim komunikasi oleh Charles Redding di tahun 1978 yang mengemukakan lima dimensi penting iklim komunikasi, yaitu supportiveness, partisipasi membuat keputusan, kepercayaan, keterbukaan dan keterusterangan, serta tujuan kinerja yang tinggi. Hasil penelitian dan analisis diketahui bahwa iklim komunikasi pada Wingstop AEON BSD berjalan kondusif. Para personel bersinergi dan saling dukung satu sama lain serta partisipasif dalam membuat keputusan. Rasa kepercayaan ditunjukkan mereka melalui kerja sama tim. Tujuan kinerja yang tinggi pun terlihat melalui komitmen, sikap tepat waktu, dan loyalitas dalam bekerja. Hanya saja masih ada kendala dalam dimensi keterbukaan dan keterusterangan mengenai kesalahan yang dilakukan oleh karyawan-karyawan saat melakukan pekerjaan. Secara keseluruhan, iklim komunikasi yang berjalan kondusif tersebut mendorong karyawan untuk menerapkan nilai kejujuran pada setiap pekerjaannya Kata Kunci: nilai, integritas, iklim, komunikasi, organisasi, Wingstop
Description: xii, 115 hlm ; 29 Cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43891
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
MUHAMMAD KINDI AKASYA-FDK.pdf1.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.