Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43886
Title: Korelasi Motif Penggunaan Facebook Dengan Kepuasaan Mengakses Konten Boys Love Dikalangan Fujoshi.
Other Titles: --
Authors: Andhita Putri Ghassani
Advisors: Jumroni
Keywords: penelitian eksplanatif asosiatif;dengan nilai korelasi
Issue Date: 15-Nov-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Korelasi Motif Penggunaan Facebook Dengan Kepuasaan Mengakses Konten Boys Love Dikalangan Fujoshi, di bawah bimbingan Jumroni, M.Si Dunia yang semakin maju dan berkembang di dominasi oleh berkembangnya teknologi dan memasuki era serba digital. Salah satu perkembangan yang paling pesat adalah perkembangan dari internet dan media sosial. Aktivitas sehari-hari kita memang tidak pernah lepas dari media sosial dan salah satu media sosial yang mempunyai pengguna paling banyak adalah facebook. Banyak orang yang memilih menggunakan facebook untuk memenuhi kebutuhannya agar tercapai kepuasan yang di inginkan. Facebook mempermudah seseorang untuk bertemu dengan orang yang memiliki kegemaran yang sama, berbagi konten yang digemari dan saling berinteraksi. Hal tersebut terjadi juga pada fujoshi yaitu para wanita yang menyukai konten boys love atau hubungan antar sesama lelaki dalam berbagai jenis. Fujoshi memiliki motif tertentu dalam memenuhi kepuasaannya khususnya mengenai boys love. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan dari motif dan kepuasaan yang di inginkan fujoshi. Selain itu juga untuk melihat motif dan kepuasaan yang mendasari penggunaan media. Penelitian ini memiliki paradigma positivisme dengan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif asosiatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratifications. Dalam teori tersebut difokuskan pada pemilihan media dan penggunaan media oleh khalayak serta melihat motif yang mendasari penggunaan media dan apa yang didapatkan setelah menggunakan suatu media. Populasi didapat dari 3 grup fujoshi di facebook yang cukup aktif dengan jumlah populasi sebanyak 20.283 anggota. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden karena jumlah tersebut sudah cukup untuk penelitian ini. Metode pengumpulan data dengan membuat angket menggunakan google form dan menyebar angket secara online. Penarikan sampel dilakukan secara purposive sampling karena penelitian ini hanya meneliti fujoshi yang berusia remaja dengan usia 10 - 24 tahun. Untuk melihat korelasi dan uji hipotesis dalam penelitian ini akan dihitung menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara X (Motif) dan Y (Kepuasaan) dengan nilai korelasi sebesar 0,689 yang menunjukan kekuatan hubungan yang cukup atau normal dan hubungan yang positif. Kata kunci: Motif, Fujoshi, Boys Love, Korelasi, Kepuasaan
Description: xii, 132 hlm ; 29 Cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43886
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ANDITA PUTRI GHASSANI-FDK.pdf4.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.