Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43884
Title: Pengelolaan Informasi Masjid Berbasis Online: Analisis Performa Komunikatif Pada Aplikasi Masjidku
Other Titles: --
Authors: Ahya Hasyim
Advisors: Rachmat Baihaky
Keywords: teori Performa Komunikatif;menggambarkan proses simbolik
Issue Date: 31-Oct-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Pengelolaan Informasi Masjid Berbasis Online: Analisis Performa Komunikatif Pada Aplikasi Masjidku Aplikasi Masjidku merupakan perusahaan karya anak bangsa yang pertama kali menghubungkan komunikasi masjid dan mushala yang di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2013. Pada tahun 2018 ini sudah tergabung 1.237 masjid dan mushala. Beberapa tahun belakangan ini Aplikasi Masjidku mengalami penurunan kinerja. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana performa komunikatif yang dilakukan tim masjidku dalam mengelola informasi masjid pada Aplikasi Masjidku? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus intrinsik dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tidak berstruktur, wawancara dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan adalah teori Performa Komunikatif yang dikemukakan oleh Pacanowsky dan O’Donnell Trujilo yang menggambarkan proses simbolik dari pemahaman perilaku manusia dalam sebuah organisasi. Selain itu peneliti juga menggunakan teori Computer Mediated Communication, konsep New Media, dan konsep Media Sosial sebagai teori pendukung dalam menganalisa penelitian. Hasil penelitian dan analisis dilakukan dengan menggunakan elemen-elemen teori performa komunikatif seperti menilai performa ritual, performa hasrat, performa sosial, performa politis dan performa enkulturasi masing-masing individu. Sejauh ini performa yang terjadi ditemukan hambatan karena perbedaan lokasi kerja, tidak terbuka terhadap investor muslim, tidak fokus kepada tujuan awal dan program yang kurang diminati jamaah. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa Aplikasi Masjidku harus membuka diri terhadap investor muslim, menetapkan kantor kerja dalam satu tempat, mencari ide kreatif dan inovatif agar programnya kembali diminati jamaah. Kata Kunci: Aplikasi Masjidku, Performa Komunikatif, Masjid, Jamaah, dan Mushala
Description: x, 141 hlm ; 29 Cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43884
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
AHYA HASYIM-FDK.pdf3.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.