Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43767
Title: Pengaruh Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Pemecahan Masalah Konsep Fluida Dinamis Terhadap Hasil Belajar Siswa
Authors: Donny Mugia Prayoga
Advisors: Ai Nurlaela
Hasian Pohan
Keywords: Media Pembelajaran Mobile Learning;Hasil Belajar
Issue Date: 4-Dec-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Pengaruh Media Pembelajaran Mobile Learning Pendekatan Pemecahan Masalah Konsep Fluida Dinamis Terhadap Hasil Belajar SiswaSkripsiProgram Studi PendidikanFisika,Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam,FakultasIlmu Tarbiyah dan Keguruan, UniversitasIslam Negeri SyarifHidayatullah Jakarta, 2018 Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran mobile learning berbasis pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini siswa rendahnya kemampuan pemecahan belajar siswa mata pelajaran fisika, dan penggunaan smartphone androidyang tidak digunakan untuk kebutuhan belajar yang berdampak menurunnyahasil belajar. PenelitiandilaksanakandiSMA Dharma Karya UT.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampeldalampenelitianini adalah kelas XIMIA 1 sebagaikelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagaikelas kontrol. Sampel tersebutditentukan berdasarkan teknikpurposivesampling.Instrumen penelitianyang digunakanadalahinstrumentesberupapilihanganda, instrumen nontes berupa angket respon siswa dan wawancara. Penelitian ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Datahasil instrumen tes dianalisissecara kuantitatif menggunakan ujianalisis statistiknonparametrik denganMann-Whitney U,sedangkandata hasilinstrumennontesdianalisis secara kuantitatif,menghasilkan data berupa persentase yang disajikan dalam tabel,kemudiandikonversi menjadidatakualitatif berupa pembahasan. Berdasarkananalisisdatates,diperolehbahwa>sig.(2tailed).Artinya,terdapatpengaruh aplikasi latihan aplikasimobile learning terhadaphasilbelajarsiswa pada konsep fluida dinamis.Selainitu, pembelajaran menggunakan aplikasi mobile learninglebih tinggidalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnyaranahkognitifC2 (memahami),C3 (menerapkan) dan C4(menganalisis).Hasilanalisisdata nontes menunjukkanresponssiswa terhadapaplikasi mobile learningsecara keseluruhan memperoleh hasildengan kategori terbaik
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43767
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
DONNY MUGIA PRAYOGA-FITK.pdf10.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.