Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43645
Title: Peran FAO dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional Indonesia periode 2013-2017
Authors: Yusti Windu Ningsih
Advisors: Inggrid G. Mustikawati
Keywords: pangan; ketersediaan pangan; ketahanan pangan; Food and Agriculture Organization (FAO); Indonesia; Organisasi Internasional
Issue Date: 1-Oct-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Skripsi ini membahas peran Food and Agriculture Organization (FAO) dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional Indonesia 2013-2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran FAO dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional, dan hasil capaian Indonesia terkait masalah pangan dan ketahanan pangan. Ketahanan pangan suatu negara penting untuk diwujudkan, terutama bagi Indonesia. Ketahanan pangan (food security) di Indonesia dapat dikatakan sukses apabila Indonesia dapat memenuhi kebutuhan pangan nasionalnya dan terhindar dari ancaman krisis pangan. FAO didirikan pada 1945 merupakan Organisasi Pangan dan Pertanian yang berada dii bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tujuan utama FAO adalah mencapai ketahanan pangan bagi semua negara dan memastikan bahwa semua orang memiliki akses untuk mendapatkan makanan yang berkualitas baik sehingga dapat menjalankan aktivitas dan sehat. FAO memberikan bantuan kepada Indonesia dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan melalui program-program dan proyek-proyek pelatihan dan pengenalan akan inovasi-inovasi baru terkait bidang pangan dan pertanian. Kerangka teori yang digunakan adalah teori organisasi internasional yang disampaikan oleh Clive Archer dan ketahanan pangan (food security). Dari hasil analisa dengan menggunakan teori tersebut dapat disimpulkan bahwa kerjasama yang terjalin antara FAO dan Indonesia berhasil meningkatkan kondisi pangan dan ketahanan pangan nasional Indonesia. Hal ini ditandai melalui naiknya peringkat indeks ketahanan pangan Indonesia di tingkat global.
Skripsi ini membahas peran Food and Agriculture Organization (FAO)dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional Indonesia 2013-2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranFAO dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional, dan hasil capaian Indonesia terkait masalah pangan dan ketahanan pangan. Ketahanan pangan suatu negara penting untuk diwujudkan, terutama bagi Indonesia. Ketahanan pangan (food security) di Indonesia dapat dikatakan sukses apabila Indonesia dapat memenuhi kebutuhan pangan nasionalnya dan terhindar dari ancaman krisis pangan. FAO didirikan pada 1945 merupakan Organisasi Pangan dan Pertanian yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).Tujuan utama FAO adalah mencapai ketahanan pangan bagi semua negara dan memastikan bahwa semua orang memiliki akses untuk mendapatkan makanan yang berkualitas baik sehingga dapat menjalankan aktivitas dan sehat. FAO memberikan bantuan kepada Indonesia dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan melalui program-program dan proyek-proyek pelatihan dan pengenalan akan inovasi-inovasi baru terkait bidang pangan dan pertanian.Kerangka teori yang digunakan adalah teori organisasi internasional yang disampaikan oleh Clive Archer dan ketahanan pangan (food security). Dari hasil analisa dengan menggunakan teori tersebut dapat disimpulkan bahwa kerjasama yang terjalin antara FAO dan Indonesia berhasil meningkatkan kondisi pangan dan ketahanan pangan nasionalIndonesia. Hal ini ditandai melalui naiknya peringkat indeks ketahanan pangan Indonesia ditingkat global.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43645
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
YUSTI WINDU NINGSIH-FISIP.pdf2.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.