Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43575
Title: Pelaksanaan baca tulis al-qur'an dalam pembelajaran pendidikan agama islam di MAN 11 Jakarta
Authors: Fikri Abdul Basith
Advisors: Heny Narendrany Hidayati
Keywords: BTQ; proses Pembelajaran; metode
Issue Date: 17-Jan-2019
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan aktivitas belajar-mengajar tentang pelajaran Islam. Termasuk didalamnya yaitu kegiatan Baca Tulis AlQur’an (BTQ). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan BTQ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah 11 Jakarta. Penelitian ini pun menggunakan pendekatan kualitatif melalui Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh melalui obeservasi, wawancara, angket/kuesioner, dokumentasi dan triangulasi dengan menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan BTQ dalam pembelajaran pendidikan agama islam di MAN 11 ini telah dilaksanakan dengan baik. Sesuai dengan capaian yang ditetapkan sekolah yaitu siswa dapat meningkatkan potensi belajar dalam membaca dan menulis AlQur’an. Materi yang disampaikan oleh pembimbing BTQ inipun berbeda-beda, disesuaikan dengan kelompok atau tingkatan kemampuan siswa-siswi dalam belajar. Kegiatan pembelajaran BTQ ini menggunakan metode menyetor dan muroja’ah, dengan aspek penilaian guru pembimbing mulai dari Makharijul huruf, tajwid sampai penulisan yang baik. Sekolah menyediakan berbagai fasilitas dalam berlangsungnya kegiatan BTQ ini dan mengadakan Evaluasi kegiatan BTQ yang diadakan tiap UTS dan UAS. Pencapaian keberhasilan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran BTQ di MAN 11 Jakarta ini sudah berjalan dengan baik
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43575
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FIKRI ABDUL BASITH-FITK.pdf7.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.