Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43573
Title: (تطبيق استراتيجية خرائط المفاهيم في تعلم وتعليم علم البيان (دراسة تجريبية لدى طالبات معهد دار النجاح الثامن بوغور
Other Titles: Penerapan strategi peta konsep dalam pembelajaran dan pengajaran ilmu bayan (penetitan eksperimen pada siswi Pesantren Darunnajah 8 Bogor)
Authors: Sarah Nidaul Hasanah
Advisors: Maswani
N. Lalah Alawiyahi
Keywords: efektivitas; strategi peta konsep; pembelajaran tasybih
Issue Date: 17-Jan-2019
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas penerapan strategi peta konsep dalam proses pembelajaran ‘ilmu bayan dan untuk mengungkapkan perbedaan antara nilai siswi yang mempelajari ‘ilmu bayan menggunakan strategi ini dan siswi yang mempelajari ‘ilmu bayan menggunakan strategi tradisional. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mengacu pada penelitian eksperimen antara dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 50 siswi. Peneliti mengambil sampel 25 siswi sebagai kelas eksperimen dan 25 siswi sebagai kelas kontrol. Sebelum pelaksanaan penelitian ini peneliti meneliti kemampuan awal siswi dalam ‘ilmu bayan dengan menggunakan pre-test dan setelah penerapan strategi ini selesai dilakukan peneliti mengadakan post-test, kemudia peneliti menggunakan rumus T-test dalam mengolah data untuk mengetahui tingkat efektivitas dari penerapan strategi ini. Setelah mengadakan tes bagi siswi, peneliti memperoleh skor rata-rata 71.2 di kelas eksperimen dan skor rata-rata 59.0 di kelas kontrol. Hal itu menunjukkan bahwa skor rata-rata di kelas eksperimen lebih besar daripada skor rata-rata di kelas kontrol. Di samping itu, penelti mendapatkan perhitungan statistik bahwa nilai t0 2,61 dan nilai tt 2,4, maka nilai t0 lebih besar dari nilai tt yang mana menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, peneliti sampai pada kesimpulan bahwa penerepan strategi peta konsep dalam pembelajaran ‘ilmu bayan pada kelas X di pesantren efektif, walaupan tingkat efektivitasnya rendah. Itu menunjukkan bahwa strategi ini penerapannya dapat dilakukan dalam pembelajaran dan pengajaran ilmu al-bayan
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43573
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SARAH NIDAUL HASANAH-FITK.pdf22.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.