Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43521
Title: Analisa pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI) di Cilegon-Banten
Other Titles: --
Authors: Diyaudin
Advisors: Tantan Hermansah
Keywords: penggemukan kambing;UKM pembuatan emping dan jamur.
Issue Date: 28-Nov-2014
Publisher: Jakarta : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh sebuah perusahaan merupakan komitmen yang berkelanjutan dari para pelaku bisnis. CSR dimaksudkan agar perushaan berprilaku secara etis dan berkontribusi bagi prmbangunan ekonomi. Sementara pada saat yang sama meningkatkan kualitas hidup para pekerja dan keluarganya demikian pula masyarakat lokal dan masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis konsep CSR, analisis strategi CSR dan implikasi CSR bagi masyarakat. PT. MCCI melaksanakan CSR sebagai bentuk upaya komitmen terhadap masyarakat bisa tumbuh dan berkembang bersama perusahaan untuk mencapai taraf masyarakat yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawanacara mendalam serta studi kepustakaan. Wawancara dilakukan dengan narasumber sebanyak empat belas orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep CSR PT. MCCI ialah sustanable development. Hal ini diwujudkan dalam strategi CSR pada lima tahun pertama sebagai tahapan awareness, lima tahun kedua tahapan involving, serta lima tahun ketiga tahapan model. Implikasi CSR bagi masyarakat adanya dampak respon positif dan kepercayaan (trust) menjadi penguatan modal utama dalam menjalin relasi yang baik terhadap masyarakat maupun perusahaan. Setiap program CSR yang telah di jalankan oleh PT. MCCI, merupakan hasil daripada (sosial mapping) yang di lakukan oleh PT. MCCI terhadap lingkung sosial di sekitar perusahaan tersebut. Dengan melakukan pengamatan yang cukup detail serta melakukan komunikasi yang mendalam dengan masyarakat secara langsung, sehingga aspirasi dari masyarakat dapat terakomodir oleh perusahaan dan pada akhirnya terciptalah program-program CSR PT. MCCI yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Adapun implikasi CSR PT. MCCI meliputi bidang pendidikan dengan berupa bantuan implementasi pengadaan saung aksara, buku bacaaan, kursus bahasa inggris, beasiswa, dan pelatihan komputer. Selanjutnya bidang kesehatan dengan berupa bantuan implementasi penyuluhan gizi untuk anak, pengadaan air bersih sumur pompa dan khitanan massal. Sedangkan di bidang pengembangan ekonomi dengan berupa bantuan implementasi bantuan penggemukan kambing, UKM pembuatan emping dan jamur.
Description: vi, 92 hlm,; 29 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43521
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DIYAUDIN-FDK.pdf855.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.