Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/434
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRachmat Mulyonoin_ID
dc.contributor.authorFarah Nur Anggraini-
dc.date.accessioned2012-10-05T13:59:21Z-
dc.date.available2012-10-05 13:59:21.703+07-
dc.date.copyright16-12-2011-
dc.date.created2011-
dc.date.issued2012-10-05-
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/434-
dc.descriptioniii. 75 hal.; 28 cm.in_ID
dc.description.abstractUntuk menjadi remaja yang berprestasi, seseorang perlu memiliki daya dorong dari dalam diri maupun dari luar dirinya. Dorongan dari dalam bisa timbul dari keyakinan diri remaja terhadap kemampuannya dalam menghadapi tugas. Dorongan dari luar bisa datang dari dukungan orang tua melalui komunikasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh komunikasi efektif orang tua – remaja dan self efficacy terhadap motivasi berprestasi siswa SMP waskito Pamulang. Komunikasi akan efektif manakala stimulus yang diaktifkan dan diharapkan dari pengirim sesuai dengan stimulus yang diterima dan ditanggapi oleh penerima (Tubbs & Moss, 1974). Bandura (1986) mendefinisikan self efficacy sebagai penilaian seseorang terhadap kemampuannya untuk mengorganisasikan dan melakukan tugas-tugas tertentu yang diperlukan untuk mencapai tipe kinerja tertentu.Motivasi berprestasi adalah dorongan untuk sukses dan menampilkan performa yang baik dalam suatu hal. (Gage & Berliner, 1992). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling (n = 70). Data dikumpulkan menggunakan Skala Model Likert terdiri dari 29 item skala Komunikasi Efektif Orang tua – Remaja dengan, 23 item skala Self Efficacy, dan 30 item skala Motivasi Berprestasi. Teknik analisa data menggunakan uji regresi berganda dengan batas kesalahan 0.05. Hasil yang diperoleh adalah adjusted R² = 0.553. Sebesar 55.3% komunikasi efektif orang tua – remaja dan self efficacy dapat mempengaruhi motivasi berprestasi. Dari uji Anova diperoleh probabilitas 0.000, karena probabilitas dibawah 0.05 maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi motivasi berprestasi. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah sebaiknya dilakukan penelitian yang lebih luas tentang motivasi berprestasi agar didapatkan beberapa faktor lain yang ikut memberikan kontribusi terhadap motivasi berprestasi. Mengenai sampel, sebaiknya diambil dari beberapa sekolah sehingga lebih dapat digeneralisasikan. Untuk instrumen penelitian, item – item yang digunakan sebagai alat ukur dibuat lebih spesifik.in_ID
dc.publisherUIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Psikologi, 2011in_ID
dc.relation.ispartofseries0111-12-10815;1113 PSI pin_ID
dc.titlePengaruh komunikasi efektif orang tua remaja dan self-efficacy terhadap motivasi berprestasi siswa SMP Waskito Pamulangin_ID
dc.typeSkripsiin_ID
dc.uinjkt.lokasiPerpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakartain_ID
dc.uinjkt.pemilikPerpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakartain_ID
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FARAH NURANGGRAINI-FPS.PDF10.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.