Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43465
Title: Menemukan akar kegagalan pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia
Authors: J. M. Muslimin
Keywords: pembelajaran Bahasa Arab
Issue Date: 2016
Publisher: Indo-Islamika: Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: Vol. 6, No. 1, Januari-Juni, 2016;
Abstract: Kegagalan dan kesulitan utama dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Hidayat al-Najah menurut penulis, berpangkal pada penggunaan metode belajar bahasa asing yang diterapkan tanpa adaptasi dan modifikasi. Hal ini berarti, menyamakan proses belajar bahasa untuk semua orang: penutur asli maupun orang asing. Bagi penulis, jika tidak dirubah pola pendekatan ini, maka akan terus mengakibatkan kegagalan. Penulis mencoba untuk menggunakan alat pengukuran efektivitas pembelajaran berdasarkan pada pendekatan kuantitatif melalui Statistical Package for Social Sciences (SPSS). Dimensi yang diukur dilihat dari murid dan peserta didik serta guru. Hal ini meliputi aspek: aktivitas kebahasaan, buku referensi pembelajaran, pendekatan pensyakalan dalam belajar, proses dan metode belajar
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43465
ISSN: 2088-9445
Appears in Collections:Publisher Version

Files in This Item:
File SizeFormat 
J. M. MUSLIMIN-FSH.pdf605.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.