Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43431
Title: Strategi Pembelajaran Praktik Ibadah Wudhu pada Mata Pelajaran PAI bagi Anak Tunanetra di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta
Authors: Zuhrotul Uyun
Advisors: Heny Narendrany Hidayati
Keywords: Strategi Pembelajaran;Wudhu;PAI;Tunanetra
Issue Date: 24-Jan-2019
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan, pengembangan materi, peran guru, kesiapan siswa, media, metode dan evaluasi dalam pembelajaran wudhu pada mata pelajaran PAI di kelas dua Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Desember 2018. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui prosedur cek ulang secara cermat, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan ditetapkan berdasarkan Kompetensi Dasar dan karakteristik siswa kelas dua. Materi tentang wudhu dikembangkan melalui pengaitan teori dengan kehidupan dan pengalaman pribadi siswa, kemudian diperluas dengan pengembangan melalui berbagai sumber belajar yang berkaitan. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab, sedangkan untuk praktik wudhu sendiri, guru melakukan pembelajaran melalui kontak fisik langsung, dengan mengarahkan tangan siswa secara perlahan dalam membasuh anggota wudhu dari satu rukun ke rukun lainnya. Peran guru dalam pembelajaran PAI selain sebagai pengajar yang mentransfer ilmu pengetahuan, juga menjadi motivator dan role model yang real. Dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa memiliki kesiapan yang baik dalam menerima materi, mereka tertib dan aktif mengikuti pembelajaran serta sudah memiliki pengetahuan awal tentang wudhu sebelum dijelaskan oleh guru. Media yang digunakan adalah guru PAI itu sendiri, sedangkan media lainnya adalah alat tulis braile serta sarana tempat wudhu di mushola sekolah. Keran air yang ada di tempat wudhu mushola sekolah menjadi media sekaligus sarana dalam melakukan pembelajaran praktik wudhu. Evaluasi pembelajaran wudhu dilakukan melalui tes lisan dan tes tulis. Dengan penerapan strategi pembelajaran tersebut, sebagian besar siswa telah mengetahui dan memahami kewajiban berwudhu sebelum melaksanakan shalat. Mereka dapat melakukan praktik wudhu secara mandiri sesuai urutan rukunnya, namun beberapa dari mereka belum membasuh anggota wudhu sesuai batasan yang disyariatkan. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Wudhu, PAI, Tunanetra
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43431
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ZUHROTUL UYUN-FITK.pdf14.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.