Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43204
Title: Analisis Jalur Persepsi Guru Tentang Kompetensi Managerial Dan Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di Mts N 01 Bogor
Authors: Ades Marsela
Advisors: Didi Suprijadi
Abdul Muin
Keywords: Persepsi;Kompetensi Managerial;Supervisi;Kinerja Guru.
Issue Date: 1-Nov-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh langsung persepsi guru tentang kompetensi manajerial terhadap kinerja guru. (2) Pengaruh langsung persepsi guru tentang supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru. (3) Pengaruh tak langsung persepsi guru tentang kompetensi managerial terhadap kinerja guru melalui supervisi kepala madrasah. (4) Pengaruh tak langsung persepsi guru tentang supervisi terhadap kinerja guru melalui kompetensi managerial kepala madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian analisis jalur. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru MTs N 01 Bogor, dengan teknik pengambilan sampel Stratified Random Sampling yaitu guru PNS di MTs N 01 Bogor, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 40 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengaruh langsung persepsi guru tentang kompetensi manajerial terhadap kinerja guru adalah sebesar 44 % (2) Pengaruh langsung persepsi guru tentang supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru 22 % ; (3) Pengaruh tak langsung persepsi guru tentang kompetensi managerial terhadap kinerja guru melalui supervisi kepala madrasah adalah sebesar 0,091. Dan (4) Pengaruh tak langsung persepsi guru tentang supervisi terhadap kinerja guru melalui kompetensi managerial kepala madrasah adalah sebesar 0,091. Kemudian secara simultan persepsi guru tentang kompetensi managerial dan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru adalah sebesar 84,3%. Dalam penelitian ini kepala madrasah telah melaksanakan tugasnya sebagai manager dengan baik yaitu menjalankan aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Serta sebagai supervisor juga telah mengimplementasi kegiatan supervisi dengan baik yaitu pengembangan kurikulum, observasi, dan pengembangan profesionalitas guru. Sehingga kedua peran kepala tersebut berpengaruh positif dalam rangka peningkatan kinerja guru.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43204
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
ADES MARSELA-FITK.pdf7.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.