Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42949
Title: Evaluasi pelayanan manasik haji pada Kementerian Agama Jakarta Timur Tahun 2013
Other Titles: --
Authors: Wasilaturohmah
Advisors: Murodi
Keywords: Evaluasi;Pelayanan Manasik Haji
Issue Date: 28-Oct-2014
Publisher: Jakarta : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Karena itu, dalam konteks perhajian, jumlah peminat haji selalu terbesar, bila dibandingkan dengan negara muslim lainnya. Berhaji merupakan kewajiban agama yang mesti dilakukan bagi mereka yang memiliki kemampuan (Istito’ah), termasuk bagi muslim Indonesia. Salah satu syarat mampu dalam segi pengetahuan agama khususnya tentang manasik haji. Seperti diketahui bahwa, ibadah haji adalah mengunjungi Makkah untuk mengerjakan ibadah thawâf, sa’i, wuqûf di Arafah, dan ibadah-ibadah lain untuk memenuhi perintah Allah dan mengharap keridhoan-Nya. Kementerian Agama Jakarta Timur sebagai penyelenggara pelaksanaan manasik haji, memiliki sistem manajemen, pelayanan dan pengelolahan yang terbaik dari Kementerian Agama lainnya, serta memiliki jamaah terbanyak se-Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan manasik haji, hingga evaluasi pelayanan. Metode penulisan yang digunakan penulis adalah metode kualitatif, metode ini lebih banyak ditujukan pada pembetukan teori substantif berdasarkan konsep yang timbul dari data empiris. Bimbingan Manasik Haji pada Kementerian Agama Jakarta Timur di bagi menjadi dua sistem yaitu, sistem Bimbingan Massal dilakasanakan di kabupaten/kota sebanyak tiga kali dan Bimbingan kelompok (Klasikal) dilakasanakan di KUA Kecamatan selama tujuh kali pertemuan. Secara tidak langsung Kementerian Agama Jakarta Timur telah melaksanakan prinsip prinsip pelayanan prima. Adapun prinsip prinsip pelayanan prima yaitu analisis reabilitas, analisis pelayanan daya tanggap, analisis jaminan, analisis empaty, analisis bukti fisik. Kata Kunci: Evaluasi dan Pelayanan Manasik Haji
Description: viii, 61 hlm,; 26 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42949
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
WASILATUROHMAH-FDK.pdf3.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.