Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42948
Title: Pengaruh Game Berkonten Kekerasan Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di RW 03 Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan
Other Titles: --
Authors: Dita Septefanny
Advisors: Noor Bekti Negoro
Keywords: Game Berkonten;koefisien determinan
Issue Date: May-2013
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Permainan video atau yang lebih sering disebut Game merupakan bentuk media yang relatif baru, tapi pengaruhnya terhadap perilaku remaja sangat besar. Menurut King, game dengan kekerasan adalah bentuk media yang mungkin mempengaruhi perilaku agresif. Baron juga mengemukakan bahwa paparan kekerasan di media merupakan salah satu faktor yang meningkatkan agresi. Berkowiz mendefinisikan agresi sebagai segala bentuk perilaku yang dimaksudkan untuk menyakiti seseorang baik secara fisik maupun mental. Perilaku agresif seperti ini sering dilakukan oleh para remaja. Berdasarkan latar belakang ini, memunculkan sebuah pertanyaan yaitu apakah game berkonten kekerasan mempengaruhi perilaku agresif remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara game berkonten kekerasan terhadap perilaku agresif remaja, serta ingin mengetahui seberapa besar pengaruh game berkonten kekerasan terhadap perilaku remaja. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah remaja laki-laki di RW 03. Sampel dipilih dengan metode purposive random sampling, dan diperoleh sebanyak 50 responden yang memenuhi kriteria. Teknik analisis dan pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan software SPSS 17.0 for Windows Release. Berdasarkan hasil penelitian, game berkonten kekerasan memiliki hubungan yang positif terhadap perilaku agresif remaja di RW 03 meskipun tidak signifikan. Hasil regresi sederhana menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,402 dan nilai signifikan 0,173, sedangkan koefisien determinan R Square = 0,038 berarti variabel game mempengaruhi perilaku agresif remaja di RW 03 sebesar 3,8%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang digunakan peneliti. Kata Kunci: Game Berkonten Kekerasan, Perilaku Agresif, Remaja.
Description: xii,; 86 hlm,; 26 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42948
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DITA SEPTEFANNY-FDK.pdf7.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.