Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42885
Title: Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa di MTs. Islamiyah Ciputat
Other Titles: Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa di MTs. Islamiyah Ciputat
Authors: Iis Meilaini
Advisors: Heny Narendrany Hidayati
Keywords: Teams Games Tournament (TGT);Hasil Belajar;Akidah Akhlak
Issue Date: 14-Dec-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: Khusus Skripsi;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Islamiyah Ciputat tahun ajaran 2018/2019 semester I. Desain dalam penelitian ini adalah Control Group Design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen sebenarnya (True Experiment). Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen VIII IS dan kelas kontrol VIII IR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa. Hal ini ditunjukkan dari perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu 80,17 untuk kelas eksperimen dan 73,1 untukl kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian uji-t hasil belajar kedua kelas diperoleh thitung = 4,22 dan ttabel = 1,67, dapat dinyatakan bahwa thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol.
metadata.dc.description.uri: Skripsi
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42885
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
IIS MEILIANI-FITK.pdf7.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.