Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42809
Title: Metode Bimbingan Islam Dalam Pemahaman Al-Qur’an Pada Anak Yatim Di Pondok Pesantren Himmaturrijal Bekasi
Other Titles: --
Authors: urhasanuddin
Advisors: M.Lutfi
Keywords: Pondok Pesantren Himmaturrijal;etode individual, metode ceramah, metode tanya jawab
Issue Date: 9-May-2012
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Fenomena merebaknya anak yatim yang tidak lagi mendapatkan kasih sayang sebagaimana yang didapatkan anak lain yang masih memiliki keluarga yang utuh merupakan persoalan yang komplek yang harus dimulai dari diri kita untuk membantu menanggulisasikannya. Tidak jarang anak-anak yang kehilangan orang tuanya putus dari sekolah, mencari nafkah untuk dirinya sendiri bahkan untuk keluraga yang masih ada sehingga mereka tidak memiliki masa depan yang jelas. Oleh karenanya, mereka membutuhkan perlindungan serta kasih sayang yang tidak lagi mereka dapat untuk mewujudkan cita-cita mereka menuju masa depan yang cerah. Islam mengajarkan kepada kita agar peduli terhadap penomena seperti ini. Dalam melakukan usaha ini agama Islam tidak hanya menganjurkan kepaa perorangan saja, tetapi juga kepada suatu organisasi sosial kemasyarakatan, seperti yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Himmaturrijal Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode bimbingan Islam yang digunakan oleh Yayasan Pondok Pesantren Himmaturrijal dalam memberikan pemahaman Al-Qur’an pada anak-anak yatim. Dalam penelitian ini penulis memaparkan hasil penelitian, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif. Adapun desain penelitiannya menggunakan jenis penelitian desain deskriptif yaitu metode yang bertujuan membuat gambaran, lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai data, sifat-sifat serta hubungan fenomena yang diteliti. Subjek pada penelitian ini yaitu seorang pemimpin sekaligus pembimbing agama di Pondok Pesanrten Himmaturrijal dan 5 anak asuhan yang ada di yayasan. Sedangkan objek penelitian ini dilihat dari segi permasalahannya yaitu untuk mengetahui metode bimbingan Islam dalam pemahaman Al-Qur’an pada anak-anak yatim, dan apa yang menjadi faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan metode bimbingan Islam dalam pemahaman Al-Qur’an pada anak yatim di Pondok Pesantren Himmaturrijal Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis akan menjelaskan secara singkat hasil penelitian tersebut. Program bimbingan pemahaman Al-Qur’an terhadap anak-anak yatim di Pondok Pesantren Himmaturrijal merupakan upaya membentuk anak asuhnya agar memiliki ilmu pengetahuan yang Islami dan dapat mengamalkannya yang dilakukan dengan beberapa bidang program diantaranya bidang pendidian formal dan non formal. Bimbingan Islam yang digunakan di Pondok Pesantren Himmaturrijal dilakukan dengan beberapa metode, diantaranya: metode individual, metode ceramah, metode tanya jawab dan metode pengamalan nilai-nilai kegamaan.
Description: v, 84 hlm,; 26 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42809
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NURHASANUDDIN-FDK.pdf6.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.