Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42807
Title: Upaya guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Islam (SDI) Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Tangerang Selatan
Authors: Romy Sinaga
Advisors: Achmad Gholib
Keywords: Upaya Guru PAI;prestasi belajar siswa
Issue Date: 30-Oct-2018
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Romy Sinaga (NIM : 11140110000056) Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SDI Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Tangerang Selatan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa serta faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Tangerang Selatan sejak peneliti berkunjung sampai penelitian dilakukan yakni sejak bulan Maret 2018 sampai dengan Agustus 2018. Objek penelitiannya adalah siswa kelas v (lima) SDI Khazanah Kebajikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini dilakukan untuk mengetahui apa saja dan mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Diantara upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah : mengadakan permainan seperti cerdas cermat, melakukan diskusi, memberikan motivasi kepada peserta didik, menggunakan pembelajaran IT, menjalin komunikasi untuk kerjasama dengan orang tua peserta didik, dan melakukan evaluasi. Adapun faktor pendukung upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah : dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diberikan dari sekolah baik lembaga dinas dan lembaga independen lainnya kepada guru-guru SDI Khazanah Kebajikan untuk mengupgrade cara mengajar para guru terhadap siswa, memiliki fasilitas belajar, dan memberikan kegiatan lintas kurikulum. Sedangkan faktor penghambatnya adalah : berasal dari guru sendiri, dan kurangnya jam pelajaran PAI. Upaya-upaya yang dilakukan guru PAI di SDI Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Tangerang Selatan memberikan hasil yang baik, prestasi belajar mereka meningkat meskipun dalam proses yang cukup panjang dan dengan grafik yang tidak terlalu pesat. Kata Kunci : Upaya Guru PAI, Prestasi Belajar Siswa
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42807
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ROMY SINAGA-FITK.pdf25.55 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.