Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42785
Title: Strategi komunikasi diplomasi publik kedutaan besar Amerika Serikat di Indonesia
Other Titles: --
Authors: Bilqis Prisbian Ningrum
Advisors: Andi M. Faisal Bakti
Keywords: social networking;facebook dan twitter
Issue Date: 20-Dec-2011
Publisher: Jakarta : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Para ahli komunikasi, dalam tahun-tahun terakhir ini menumpahkan perhatiannya yang besar terhadap strategi komunikasi (communication strategy) dalam hubungannya dengan kegiatan pembangunan nasional di negara masingmasing. Fokus perhatian ahli ini memang penting untuk ditujukan kepada strategi komunikasi ini, karena berhasil tidaknya kegiatan komunikasi secara efektif banyak ditentukan oleh strategi komunikasi. Seiring dengan disajikannya program-program Diplomasi Publik Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia, penulis mendapatkan inspirasi untuk meneliti lebih jauh mengenai strategi komunikasi Diplomasi Publik Kedutaan Besar Amerika Serikat. Melalui jurnal Dubes AS, pers release, media social networking, @america, dan pertemuan di acara-acara Kedubes AS. Dari sisi strategi memiliki keterkaitan yang kuat dengan sistem komunikasi yang dijalankan. Diplomasi Publik Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia ini sangat diperlukan strategi komunikasi dalam menjalankan berbagai program. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi Diplomasi Publik Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia. Serta mengetahui strategi sebagai perencanaan, pola, posisi, perspektif, dan permainan atau cara dalam Diplomasi Publik Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah menggunakan deskriptif analisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif dilakukan melalui penelitian perpustakaan: yaitu teknik pengumpulan data melalui sumber tertulis. Penelitian lapangan; yaitu teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dengan Mr. Arend selaku Asistant Cultural Attache Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk mendapatkan penjelasan tentang strategi komunikasi Diplomasi Publik Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia. Mintzberg menggambarkan strategi sebagai arah yang dipilih organisasi untuk diikuti dalam mencapai misinya. Lima kegunaan strategi, yaitu: Sebuah rencana – suatu arah tindakan yang diinginkan secara sadar; Sebuah cara – suatu manuver spesifik yang dimaksudkan untuk mengecoh lawan atau kompetitor; Sebuah pola – dalam suatu rangkaian tindakan; Sebuah posisi – suatu cara yang menempatkan organisasi dalam sebuah lingkungan; Sebuah perspektif – suatu cara yang terintegrasi dalam memandang dunia. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa strategi komunikasi pada Diplomasi Publik Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia ini sudah menunjukkan program-program yang baik. Terbukti bahwa Diplomasi Publik Kedutaan Besar Amerika Serikat sudah terkenal di dunia. Dibutuhkan banyak waktu untuk mempersiapkan dan melaksanakan suatu program Diplomasi Publik Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta. Media sangat membantu dalam menyebarkan suatu informasi. Melalui social networking seperti facebook dan twitter, dapat mengetahui antusias masyarakat terhadap program beasiswa dan pertukaran, program budaya, dan program profesional dalam rangka mendukung Diplomasi Kedutaan Amerika Serikat dan untuk membentuk saling pengertian antar Amerika Serikat dan Indonesia.
Description: v, 92 hlm,; 26 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42785
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
BILQIS PRISBIAN NINGRUM-FDK.pdf3.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.