Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42761
Title: Evaluasi pelaksanaan program buku bicara (talking book) di Yayasan Mitra Netra Lebak Bulus Jakarta Selatan
Other Titles: --
Authors: Ismul Azham
Advisors: Siti Napsiyah
Keywords: mampu megikuti siklus belajar;yayasan Mitra Netra
Issue Date: 23-Sep-2011
Publisher: Jakarta : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Tunanetra yang mendapat kesempatan untuk mengenyam dunia pendidikan regular sangat memerlukan bantuan untuk menunjang kegiatan belajar mereka. Apalagi di sekolah tempat mereka belajar tidak menyediakan pelayanan khusus untuk mereka. Meski pemerintah membuat peraturan melalui program pendidikan inklusif untuk mereka, namun keterbatasan fasilitas itu masih harus mereka hadapi. Untuk itu yayasan Mitra Netra melalui program Buku Bicara ini berusaha untuk mewujudkan dan membantu tunanetra dalm program pemerintah dalam pendidikan inklusif itu. Dengan program ini tunanetra dapat mengakses buku-buku pelajaran sekolah sehingga dapat mereka baca dan pelajari layaknya teman-teman mereka yang awas membaca buku yang sama. Skripsi ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program buku bicara ini agar mengetahui nilai terhadap hasil pelaksanaannya, keberhasilan program dalam membantu tunanetra. Serta hambatan-hambatan apa yang terdapat dalam pelaksanaan program. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah melalui interview, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kerangka teori yang digunakan adalah model evaluasi CIPP yang telah dikemukakan oleh Daniel L Stufflebeum yang meliputi; evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi hasil. Dalam skripsi ini penulis memfokuskan pada evaluasi proses pelaksanaan program buku bicara di yayasan Mitra Netra. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa hasil dari proses pelaksanaan program Buku Bicara ini adalah sangat positif dan membantu klien dalam kebutuhan mereka. Program ini telah memberikan pengaruh yang besar terhadap pendidikan mereka. Melalui program buku bicara ini, tunanetra mampu mengakses semua buku-buku bacaan, buku-buku pelajaran dan tugas-tugas sekolah yang disiapkan oleh sekolah-sekolah mereka untuk dapat mereka pelajari ulang di luar jam belajar sehingga mereka mampu megikuti siklus belajar sesuai dengan jadwal. Dan dengan peralihan teknologi dari analog menjadi digital menjadikan program ini semakin tidak memiliki hambatan dalam pelaksanaannya.
Description: viii, 99 hlm; 26 cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42761
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ISMUL AZHAM-FDK.pdf2.45 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.