Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42449
Title: Analisis wacana argumentasi peserta didik pada diskusi isu-isu sosiosaintifik
Authors: Alfi Lailatul Qodriyah
Advisors: Yanti Herlanti
Yuke Mardiati
Keywords: Analisis Argumentasi;Diskusi Isu-isu Sosiosaintifik;Virus
Issue Date: 29-Oct-2018
Publisher: Jakarta : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas wacana argumentasi peserta didik pada diskusi isu-isu sosiosaintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 87 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 34 peserta didik. Kualitas wacana argumentasi lisan peserta didik pada diskusi isu-isu sosiosaintifik menurut kerangka analisis Erduran berada pada level 5. Hasil tersebut menunjukkan peserta didik telah mampu mengemukakan klaim (claim) disertai dengan penjamin klaim (warrant) dan sanggahan (rebuttal) dengan cukup baik. Diskusi berlangsung di dalam kelas cukup atraktif dan menarik. Kuualitas wacana argumentasi tertulis peserta didik pada diskusi isu-isu sosiosaintifik menurut kerangka analisis Dawson dan Venville berada pada level 2 dan level 3. Hasil tersebut menunjukkan peserta didik mampu menyajikan klaim (claim), diserta dengan penjamin klaim (warrant) dan bukti (data) yang masih bersifat sederhana.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42449
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ALFI LAILATUL QODRIYAH-FITK.pdf13.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.