Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42344
Title: Semiotika Poster Dakwah Dengan Tema Bukan Islam Ktp Pada Akun Instagram @Hijabalila
Other Titles: --
Authors: Qurrotul’ain Nurul Ulfah
Advisors: Tantan Hermansah
Keywords: Dakwah, Poster, Media Sosial,;Semiotika Roland Barthes, Islam KTP
Issue Date: 21-Sep- 2
Publisher: Fakultas Ilmu dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Semiotika Poster Dakwah dengan Tema Bukan Islam KTP pada Akun Instagram @HijabAlila Dakwah bukan lagi perihal berdiri di depan mimbar, memberikan tausiyah lengkap dengan dalil beserta tafsirannya. Dakwah saat ini sudah banyak mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pemanfaatan media sosial untuk berdakwah tengah menjadi serbuan berbagai pihak. Disamping itu, dibutuhkan juga konsep dakwah yang inovatif dan kreatif. Visual ilustrasi berupa poster misalnya. Hijab Alila merupakan sebuah brand Hijab di Indonesia yang memiliki misi tambahan yakni berdakwah. Konsep yang diusung Hijab Alila ialah menyampaikan pesan dakwah yang menyenangkan agar mudah diterima oleh target audience. Proses dakwah yang disampaikan dalam bentuk creative digital seperti, video, visual ilustrasi atau pengolahan copywriting yang menarik. Bulan November 2016, Hijab Alila menyajikan poster dengan tema Bukan Islam KTP. Di mana saat itu tengah ramai diperbincangkan kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama. Kemudian ramai komentar netizen di media sosial menanggapi kasus tersebut, ada yang berkomentar negatif dan positif. Hal ini yang menjadi alasan bagi Tim Kreatif Hijab Alila dalam mengusung tema Bukan Islam KTP. Berdasarkan latar belakang di atas, maka terdapat rumusan masalah. Adapun rumusan masalahnya yaitu Apa makna denotasi pada poster Hijab Alila dengan tema Bukan Islam KTP? Apa makna konotasi pada poster Hijab Alila dengan tema Bukan Islam KTP? Apa makna mitos pada poster Hijab Alila dengan tema Bukan Islam KTP? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos pada poster Hijab Alila dengan tema Bukan Islam KTP. kemudian, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika Roland Barthes. Barthes membuat model sistematis dalam menganalisis makna diantaranya, makna denotasi, makna konotasi, dan makna mitos. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan analisis semiotika strukturalisme. Dalam pemikiran strukturalis yang menjadi gagasan sistemnya adalah bentuk idealisme, yang menganggap bahwa adanya “struktur” yang tidak teramati, akan tetapi struktur itulah yang menyebabkan realitas seperti: bahasa, tingkah laku, dan fenomena sosial-budaya. Dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa ilustrasi poster yang digagas oleh Tim Kreatif Hijab Alila memiliki kepentingan dalam menyebarkan ideologi dan memberikan reminder kepada audience. Dengan tampilan yang full dengan ilustrasi dan handwriting dan nilai-nilai dakwah di dalamnya menjadi unsur terpenting dalam menarik minat audience pengguna social media Instagram. Kata Kunci: Dakwah, Poster, Media Sosial, Semiotika Roland Barthes, Islam KTP
Description: vii, 113 hlm,; 26 Cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42344
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
QURROTUL'AIN NURUL ULFAH-FDK.pdf4.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.