Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42059
Title: Molding Students for Multiple Competencies Purpose: An Overview of the Capacity of Islamic School Who Implementing Boarding and Full Day School System in Contemporary Indonesia
Authors: Achmad Syahid
Keywords: PENDIDIKAN ISLAM;SEKOLAH DAN AGAMA
Issue Date: Nov-2016
Publisher: Promoting Civil Religion and Deliberative Society; UIN Walisongo Semarang; Nanyang Technological University
Abstract: Yang hendak diungkap dalam penelitian ini adalah apakah kedua institusi tersebut berhasil dalam menanamkan dimensi attitude, knowledge and skill sebagai kompetensi mereka. Siapa agen penanaman nilai-nilai kesalehan keadaban di kedua sekolah ini. Di India, output lembaga pendidikan Islam mereka melahirkan being physically and personally present, especially in term of piety, for example, but socially absent. Di Indonesia, bahkan pendidikan Islam di sekolah-sekolah umum disebut Furchan dimaksudkan untuk mengembangkan seorang muslim Pancasilais, namun riset Kalidjernih menyebut mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP), PPKN, dll., masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Akses sosial dan relasi interpersonal dengan dunia luar yang terbatas, mengakibatkan mereka kagok untuk bekerja dan hidup dalam masyarakat multikultur namun dengan tetap teguh menjaga identitas agamanya di kemudian hari. Studi Claire-Marie Hefner terhadap sistem pesantren Krapyak Yogyakarta dan Mu’alimat Muhammadiyah Yogyakarta menemukan bahwa meskipun para santri hidup dalam suasana yang protektif, kedua lembaga pendidikan tersebut fokus dan menaruh perhatian pada etis, namun dengan memberikan pendekatan yang berbeda: yang pertama agak terbuka, sementara yang kedua agak ketat. Dari sini kita memahami bahwa isu tentang pendidikan moralitas dan etis tidak berkembang pada ruang kosong. Banyak variabel yang mempengaruhi pengembangan etik dan moral siswa. Menempatkan mereka pada boarding school cenderung mengarah pada apa yang disebut Zigon sebagai “fragmented moral world"
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42059
Appears in Collections:Artikel



Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.