Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41912
Title: Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Korosi melalui Pembelajaran Berbasis Otak (Brain-Based Learning)
Authors: Kairol Arifin
Advisors: Tonih Feronika, M.Pd
Evi Sapinatul Bahriah, M.Pd
Keywords: Keterampilan Berpikir Kreatif;Pembelajaran Berbasis Otak;Korosi
Issue Date: 1-Aug-2018
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: ABSTRAK Kairol Arifin (NIM 1113016200017). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Korosi melalui Pembelajaran Berbasis Otak (Brain-Based Learning). Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018. Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa belum mampu untuk berpikir kreatif yang dapat membuatnya berpikir lebih objektif terhadap suatu masalah dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi korosi melalui model Pembelajaran Berbasis Otak (BBL). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 5 SMAN 9 Kota Tangerang yang berjumlah 41 siswa. Penelitian dilakukan pada tanggal 15 Februari – 01 Maret 2018. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian, lembar observasi, dan LKS. Pada penelitian ini, pencapaian keterampilan berpikir kreatif siswa difokuskan pada tiga aspek berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, dan originality. Hasil analisis data dari tes uraian menunjukkan bahwa berpikir kreatif siswa dicapai dengan baik. Berdasarkan hasil tes berpikir kreatif siswa secara keseluruhan mendapatkan kategori baik, begitu pula dengan hasil kelompok tinggi, sedang dan rendah memiliki kategori baik. Indikator berpikir kreatif yang memiliki nilai tertinggi yaitu fluency. Penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41912
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
Kairol Arifin 1113016200017.pdf10.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.