Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41730
Title: Budaya oganisasi islam dan inovasi perbankan syariah: Peran orientasi pasar dan manajemen pengetahuan sebagai mediator
Authors: Suryani
Advisors: Ahmad Rodoni
Keywords: peran budaya organisasi islam
Issue Date: Nov-2017
Publisher: Jakarta: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: pertama , menganalisa tingkat kemampuan inovasi perbankan syariah di Indonesia dan kinerja keuangannya melalui tiga komponen budaya organisasi, manajemen pengetahuan, dan orientasi pasar. Kedua , riset ini diharapkan dapat menutup kesenjangan sekaligus mengembangkan model konsep budaya organisasi perbankan syariah yang masih relatif berbeda antara satu bank dengan bank lainnya meskipun berasal dari nilai yang sama. Ketiga , menganalisa relevansi orientasi pasar pada sektor perbankan syariah. Penelitian ini sesuai dengan Abbas J. Ali dan Abdullah al Uwaihan (2008), Naresh Kumar dan Raduan Che Rose (2010, 2012), Majid Ali and others (2013), Hasan Gilani (2015), Jihad Mohammad dan Farzana Quoquab (2016), dan Saeed Hameed Aldulaimi (2016) yang menemukan bahwa nilai-nilai kerja Islam yang dikonseptualisasi sebagai Islamic Work Ethics (IWE) memiliki efek positif pada kapabilitas inovasi organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode gabungan ( mix methods ), di mana upaya konseptualisasi budaya organisasi perbankan syariah dan relevansi orientasi pasar akan dilakukan melalui pendekatan kualitatif; sedangkan model kausalitas budaya organisasi, orientasi pasar, dan manajemen pengetahuan pada kemampuan inovasi dan kinerja dianalisis menggunakan pendekatan teknik S t r u c t u r a l E q u a t i o n M o d e li n g (SEM). Populasi target penelitian adalah kantor cabang/pembantu Bank Umum Syariah yang berlokasi di DKI Jakarta, Depok dan Bekasi, yang meliputi: PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk. PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk dan PT. Bank BNI Syariah, Tbk dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling . Penelitian ini berkesimpulan bahwa budaya organisasi dapat mempengaruhi orientasi pasar dan kapabilitas manajemen pengetahuan dalam upaya memaksimalisasi inovasi perbankan syariah. Selain budaya organisasi, inovasi juga dipengaruhi oleh manajemen pengetahuan, sementara orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap inovasi perusahaan. Maka semakin tinggi budaya organisasi, orientasi pasar, dan kapabilitas manajemen pengetahuan, maka semakin baik inovasi bank syariah.
Description: xvii,219
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41730
Appears in Collections:Disertasi



Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.