Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41727
Title: Model pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Islam
Authors: Firman Mansir
Advisors: Husni Rahim
Keywords: pendidkan karakter
Issue Date: Nov-2017
Publisher: Jakarta: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini membuktikan bahwa model pendidikan karakter di perguruan tinggi Islam adalah model pendidikan holistik yang berbasis pada nilai-nilai alQur’an yang diwujudkan dengan mengasah soft skills mahasiswa agar menjadi sebuah manifestasi yang dapat memberikan nilai-nilai intelektual, moral, sosial dan spiritual dalam membentuk kepribadian pada bangunan sosial kultural. Pada sisi yang lain nilai-nilai karakter yang dikembangkan belum terjabarkan dalam indikator yang representatif dan pemahaman stakeholder pendidikan tentang konsep pendidikan karakter yang masih belum menyeluruh, serta belum dapat menjadi teladan atas nilai-nilai karakter yang dipilihnya. Penelitian ini mendukung pandangan Patricia Zahira Salahuddin (2011), Amani F. Qashmer (2016), Richard H. Hersh (2015), Duna Izfanna dan Nik Ahmad Hisyam (2016) yang menyatakan bahwa pendidikan karakter yang menggunakan sifat bervariasi dapat mengembangkan karakter dan menanamkan pengetahuan kepada lingkungan pendidikan untuk mendapatkan nilai-nilai positif yang terpancar dari kebiasaan dan aktivitas yang dilakukan. Sementara itu, penelitian ini berbeda dengan Babette Marissa Protz (2013), Jacques S. Benninga, Marvin W. Berkowitz, Phyllis Kuehn dan Karen Smith (2013) yang berpandangan bahwa pendidikan karakter yang efektif bukanlah menambahkan program pendidikan karakter di lembaga pendidikan atau menata ulang program lembaga pendidikan tersebut, tetapi yang penting adalah transformasi budaya dan pengembangan karakter dalam kehidupan lembaga pendidikan (sekolah dan universitas). Tujuan penelitian ini yaitu: a) mengeksplorasi perlunya pendidikan karakter dilaksanakan di UMI dan UIN Alauddin Makassar, b) mengeksplorasi model program pencerahan qalbu UMI dan Cha r a c t e r B u il d i n g P r o g r a m (CBP) UIN Alauddin Makassar, c) mengeksplorasi variasi sistem program pencerahan qalbu UMI dan C h a r a c t e r B u il d i n g P r o g r a m (CBP) UIN Alauddin Makassar, d) menjelaskan dan mengelaborasi implikasi pendidikan karakter di perguruan tinggi Islam pada era globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( f i e l d r esearch ) yang dilaksanakan pada Program Pencerahan Qalbu UMI dan C h a r a c t e r B u il d i n g Program (CBP) UIN Alauddin Makassar sejak bulan Mei tahun 2015 sampai dengan bulan Mei tahun 2016. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Etnografi. Sementara prosedur analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, diskusi kelompok terarah dan analisis dokumen. Sumber data dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu pertama data primer berupa video atau film kegiatan, hasil wawancara, hasil observasi dan dokumentasi (buku pedoman). Kedua data sekunder berupa data yang diperoleh dari buku, jurnal penelitian, majalah, dan media.
Description: xiv,300
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41727
Appears in Collections:Disertasi



Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.