Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41657
Title: Pembentukan karakter siswa melalui madrasah diniyah sebagai pelengkap pendidikan agama islam di sekolah dasar
Authors: MULYADI
Advisors: Suparto
Issue Date: Dec-2014
Publisher: Jakarta: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Kesimpulan tesis ini, semakin kuat pendidikan agamanya, semakin kuat karakter yang dimiliki peserta didik. Tesis ini menunjukan bahwa pendidikan agama di Madrasah Diniyah melalui metode keteladanan dan pembiasaan berkontribusi dalam pembentukan karakter siswa. Berdasarkan data temuan, terkait proses kegiatan belajar mengajar dalam pembentukan karakter di Madrasah Diniyah, metode yang digunakan adalah pembiasaan dan keteladanan. Desain kurikulum dan rencana strategis di Madrasah Diniyah, fokus kepada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Tesis ini menguatkan pendapat: Thomas Lickona dan Kevin Ryan, berpendapat bahwa antara pendidikan karakter dengan pendidikan agama sebaiknya tidak boleh dipisahkan. Liam Gearon menyatakan, bahwa pengajaran yang berkaitan dengan tatakrama, sopan santun, dan hal-hal yang bersifat baik dapat dilakukan melalui pendidikan agama. Larry P. Nucci dan Darcia Narvaez. Berpendapat bahwa sekolah harus memberi kontribusi terhadap perkembangan moral dan pembentukan karakter kepada siswa. Selain itu Doni Koesoema mengatakan, bahwa pendidikan dalam mengembangkan karakter pelajar dapat melalui pendidikan agama. Tesis ini membantah penelitian yang dilakukan Miron Zuckerman, dkk, yang berpendapat, bahwa orang yang cerdas cenderung menolak doktrin agama dan lebih analisis dalam berpikir. Cristopher Ezeh mengatakan, bahwa mengajar moral melalui pendidikan agama tidak boleh dilakukan di sekolah, karena merupakan penganiayaan terhadap keyakinan peserta didik, serta tidak ada kaitannya dengan pembentukan karakter. Sumber primer penelitian ini adalah wawancara: dengan Kepala Madrasah Diniyah, guru, orang tua siswa, siswa, Kasi pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lebak, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lebak. Observasi dilakukan di Madrasah Diniyah al-Husna Rangkasbitung. Data sekunder diperoleh melalui berbagai jenis catatan atau dokumentasi Madrasah Diniyah al-Husna Rangkasbitung, buku-buku, desertasi, tesis, majalah, jurnal, artikel, surat kabar dan data-data dari internet.
Description: xii,189
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41657
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
MULYADI.pdf4.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.