Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41647
Title: Implementasi metode sentra dalam pengembangan kecerdasan majemuk anak usia dini
Authors: M. Zakaria Hanafi
Advisors: Suparto
Issue Date: Jul-2014
Publisher: Jakarta: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Studi ini membuktikan bahwa sistem pendidikan berbasis intelektual (pendidikan yang hanya mengedepankan kecerdasan verbal linguistik dan kecerdasan logic matematic) telah mematikan berpikir kritis peserta didik serta memasung kreatifitas anak sejak usia dini. Sedangkan sistem pendidikan berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligences) merupakan langkah revolusioner dalam pengembangan berbagai kecerdasan anak usia dini secara optimal. Penelitian ini mendukung pendapat Howard Gardner (1983), Linda Campbell & Bruce Campbell (1999), Thomas R. Hoerr (2000), Pamela C. Phelps (2005), Thomas Amstrong (2009), Munif Chatib (2009), Yudhistira Massardi (2012), Seto Mulyadi (2012), mengenai teori kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Penerapan teori kecerdasan majemuk (multiple intelligences) ini telah merambah di dunia pendidikan bahkan telah meluas menelusuri segala aspek kehidupan. Tesis ini tidak sependapat dengan Stanford Binet (2000) yang menyatakan bahwa kecerdasan seseorang diukur hanya dari kemampuan intelektual dan menitikberatkan pada kecerdasan berbahasa serta kecerdasan logika matematika semata. Kecerdasan seseorang dinyatakan dalam angka konstan tanpa memperhatikan kecerdasan lainnya. Jika seseorang pandai dalam kedua kecerdasan tersebut maka dapat dinyatakan bahwa tingkat IQ nya tinggi. Kajian ini berorientasi pada pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) anak usia dini secara optimal melalui observasi tujuh kecerdasan majemuk dengan pendekatan metode sentra. Penelitian ini menggunakan sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diambil langsung dari TK Batutis Al-Ilmi Pekayon Bekasi. Sedangkan data sekunder diambil dari bukubuku, artikel, jurnal-jurnal ilmiah dan literatur para pakar di bidangnya yang mendukung tesis ini baik dari dalam maupun luar negeri.
Description: xiv,272
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41647
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
M. ZAKARIA HANAFI.pdf4.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.