Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41613
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAsep Usman Ismailid
dc.contributor.authorWinda Dwi Astuti Zebuaid
dc.date.accessioned2018-09-26T08:23:52Z-
dc.date.available2018-09-26T08:23:52Z-
dc.date.issued2013-07-15-
dc.identifier.issn---
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41613-
dc.descriptionv, 80 hlm,; 29 cmid
dc.description.abstractMedia online memiliki banyak kelebihan dalam menyampaikan berita, salah satunya kecepatan publikasi berita kepada khalayak. Menurut paradigma konstruksionis, berita yang disampaikan oleh media adalah hasil dari konstruksi sosial. Proses konstruksi tersebut dipengaruhi oleh ideologi, kepentingan dan perspektif masing-masing wartawan yang terlihat dari framing berita yang dilakukan media, termasuk dalam penelitian ini tentang wisata syariah. Dari pemberitaan di Republika Online (ROL) tentang wisata syariah terdapat berita yang berjudul “Wisata Syariah-Religius tak Selalu Identik Ziarah Kubur”. Berdasarkan berita tersebut muncul pertanyaan: 1. Bagaimana media Republika Online mengkonstruksi realitas pada pemberitaannya? 2. Apa saja yang mempengaruhi media dalam mengkonstruksi suatu realitas? 3. Bagaimakah framing pemberitaan wisata syariah pada Republika Online? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati. Metode yang digunakan adalah analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Analisis framing model ini membagi framing ke dalam empat elemen. Elemen tersebut adalah struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik dan struktur retoris. Kesimpulannnya secara struktur sintaksis, headline berita ROL memberikan informasi tentang pengembangan wisata syariah. Secara struktur skrip ROL menampilkan pernyataan dari Anggota Kelompok Kerja Pengembangan Pariwisata Syariah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Riyanto Sofyan dan Ketua Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma’ruf Amin. Secara struktur tematik beragam tema dimunculkan oleh Republika Online. Secara struktur retoris, ROL menyajikan gaya bahasa untuk menarik perhatian pembaca. Dilihat dari aspek sosiologis dan psikologis, ROL adalah media yang mempunyai pasar komunitas muslim dengan ideologinya adalah menjadi media islami. ROL ini menyampaikan kepada pembaca bahwa pariwisata syariah layak untuk dikembangkan di Indonesia karena memiliki prospek bagus. Jadi Republika Online (ROL) memberi inspirasi kepada masyarakat muslim bahwa kita bisa mengambangkan wisata syariah. Kata kunci: framing, konstruksi, media, realitas, wisata syariahid
dc.description.sponsorshipDr. H. Asep Usman Ismail, MAid
dc.description.uri--id
dc.language.isoidid
dc.publisherJakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullahid
dc.relation.ispartofseries--;---
dc.subjectframing, konstruksi, mediaid
dc.subjectrealitas, wisata syariahid
dc.titleKontruksi pemberitaan wisata syariah pada republika onlineid
dc.title.alternative--id
dc.typebachelorThesisid
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
WINDA DWI ASTUTI ZEBUA-FDK.pdf4.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.