Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41461
Title: Restrukturisasi Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Griya Ib Hasanah Di Bni Syariah Kantor Cabang Depok
Other Titles: --
Authors: Lusriadi
Advisors: Lili Bariadi
Keywords: Restrukturisasi;Pembiayaan Bermasalah, Griya iB Hasanah.
Issue Date: 19-Jul-2018
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Restrukturisasi Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Griya iB Hasanah di BNI Syariah Kantor Cabang Depok, Dosen Pembimbing Lili Bariadi, M.Si, 2018. Pembiayaan Griya iB Hasanah merupakan produk penyaluran dana yang dimiliki BNI Syariah KC Depok. Dalam menyalurkan pembiayaan ini pihak BNI Syariah KC Depok berharap agar pembiayaan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai kesepakatan awal akad. Akan tetapi dalam pelaksanaan pembiayaan Griya ib Hasanah di BNI Syariah KC Depok tidak selamanya berjalan sebagaimana yang telah ditetapkan pada awal akad antara kedua belah pihak, terdapat risiko-risiko yang harus dihadapi salah satunya jika nasabah tidak dapat mengembalikan dana pembiayaan yang telah diberikan oleh BNI Syariah KC Depok. Maka dari itu, BNI Syariah KC Depok mempunyai langkah untuk penyelamatan terhadap pembiayaan tersebut dengan Restrukturisasi Pembiayaan dapat berjalan baik maka harus ada Manajemen Restrukturisasi. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen restrukturisasi pembiayaan bermasalah Griya iB Hasanah di BNI Syariah KC Depok. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dilokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di BNI Syariah KC Depok. Manajemen Restrukturisasi dimulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan. Perencanaan dimulai dari membuat data nasabah pembiayaan bermasalah. Dalam melaksanakan restrukturisasi pembiayaan haruslah ada organisasi yang khusus untuk mengatasi restrukturisasi yang terdiri dari Pelaksana Collection Assistant (PCA) dan Recovery & Remedial Assistant (RRA). PCA dan RRA memiliki kewajiban kepada pimpinanannya yaitu Recovery & Remedial Head (RRH) dan Branch Manager (BM) untuk diajukan ke Manajer Area BRD (Bussines Risk Division) dan WJP (Wilayah Jabodetabek Plus) untuk pengambilan keputusan. Untuk menghindari terjadinya keterlambatan maka adanya pengawasan terhadap nasabah. Kata Kunci: Restrukturisasi, Pembiayaan Bermasalah, Griya iB Hasanah.
Description: X, 126 Hlm, : 29 Cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41461
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
LUSRIADI-FDK.pdf6.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.