Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41444
Title: Sistem Pelayanan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor Dalam Perspektif Good Corporate Governance
Other Titles: --
Authors: Irpa Ismatulloh
Advisors: Study Rizal
Keywords: Transparancy,Accountability;Independent dan Fairness
Issue Date: 21-Dec-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Sistem Pelayanan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bogor Dalam Perspektif Good Corporate Governance, dibimbing oleh Drs. Study Rizal, LK, MA Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketimpangan sistem pelayanan zakat di Baznas Kota Bogor dengan kepercayaan muzakki terhadap lembaga zakat sebagai penyalur zakat. Salah satu faktor utama yang belum optimal pelayanan zakat adalah rendahnya kesadaran muzakki membayar zakat melalui lembaga zakat. Kepercayaan muzakki disini juga sangat penting untuk lembaga agar dana yang diamanahkan kepada lembaga dapat terkumpul dan tersalurkan kepada mustahik dengan baik. Untuk itu optimalisasi peran lembaga zakat sangat penting untuk dilakukan, lembaga zakat perlu menerapkan prinsip Good Corporate Governance untuk mendapatkan kepercayaan dari muzakki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prinsip trasnparancy, accountability, responsibility, independent, dan fairness pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Bogor. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah khazanah pengetahuan, memperkaya wawasan tentang Good Corporate Governance dalam lembaga zakat. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan tersebut peneliti melakukan penelitian untuk menghasilkan data deskriptif melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan fakta bahwa penerapan system pelayanan Baznas Kota Bogor pada perspektif Good Corporate Governance yang pertama Transparancy adalah sudah menyediakan informasi secara akurat, memadai, jelas dan dapat dibandingkan. Yang kedua Accountability adalah kejelasan fungsi, struktur system dan pertanggung jawaban masing-masing organ perusahaan dan semua karyawan. Yang ketiga Responsibility adalah kesesuaian dalam mengelola Baznas Kota Bogor terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta harus melaksanakan tanggung jawab social peduli terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Yang keempat Independent adalah kemandirian Baznas Kota Bogor dimana lembaga dikelola secara professional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh atau tekanan dari pihak manapun. Kelima Fairness adalah diamana Baznas Kota Bogor memberikan kesempatan kepada pemangku kepentingan untuk memberikan masukan dan menyampaiankan pendapat bagi kepentingan Baznas Kota Bogor. Kata Kunci : Transparancy, Accountability, Responsibility, Independent dan Fairness
Description: X, 86 Hlm, : 29 Cm.
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41444
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
IRPA ISMATULLOH-FDK.pdf3.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.