Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41223
Title: Istikhdaam Lu'bah Bithaaqah Muzaawajah fii Taqwiim Ta'liim al-qawaid an-nahwiyah ladaa talamidz Madrasah Madinatunnajah ats-Tsaanawiyyah al-Islamiyyah Jombang
Other Titles: Penggunaan Permainan Make a Match dalam Evaluasi Pembelajaran Nahwu terhadap Siswa MA Madinatunnajah Jombang
Authors: Siti Ruqayyah Bangun
Advisors: Torkis Lubis
Wati Susiawati
Keywords: Permainan Make a Match;Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab
Issue Date: 15-Aug-2018
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Siti Ruqayyah Bangun (1113012000061), judul penelitian : “Penggunaan Permainan “Make a Match” dalam Evaluasi Pembelajaran Qawaid untuk Siswa MA Madinatunnajah Jombang” Peneliti memilih judul ini karena kurangnya minat siswa dalam pembelajaran qawaid nahwu dan pemahaman siswa tentang qawaid ini lemah, hal ini disebabkan karena luasnya materi qawaid itu sendiri. Dan evaluasi pembelajaran qawaid nahwu di sekolah tersebut masih menggunakan teknik yang tradisional, sehingga hasil belajar siswa pun menjadi lemah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan permainan make a match dalam mengevaluasi pembelajaran qawaid nahwu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap penerapan penggunaan permainan “make a match” dalam mengevaluasi pembelajaran qawaid nahwu dan mengetahui hasil evaluasi dalam pembelajaran tersebut dengan menggunakan permainan ini. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Peneliti menggunakan dua kelompok dalam penelitian ini, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam kelompok eksperimen menggunakan permainan “make a match” ini berjumlah sebanyak 20 orang. Dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan permainan ini berjumlah sebanyak 19 orang. Untuk mengetahui hasil penelitian di madrasah ini peneliti menggunakan rumus test-t, Peneliti juga melakukan wawancara, observasi, dan tes (pre-test dan post-test) dalam pengumpulan data. Adapun penerapan permainan “make a match” sebagai berikut: peneliti menjelaskan materi. Setelah menjelaskan peneliti mengocok kartu dan membagikannya kepada siswa. Kemudian siswa diminta untuk mencari pasangan dari kartu yang dia miliki, setelah menemukan pasangannya siswa duduk berdampingan dan membacakan pertanyaan serta jawaban yang telah mereka pasangkan. Kemudian peneliti mengklarifikasi kecocokan kartu tersebut dan memberikan hukuman bagi siswa yang melakukan kesalahan dalam memncocokkan kartu. Dan setelah melakukan tes terhadap siswa, peneliti mendapatkan hasil nilai rata-rata dalam kelompok eksperimen yaitu 79,8, dengan nilai terendah 62 dan nilai tertinggi 96. Dan nilai rata-rata dalam kelompok kontrol yaitu 65,8 dengan nilai terendah 52 dan nilai tertinggi 85. Berdasarkan hasil diatas, peneliti memberikan kesimpulan bahwa penggunaan permainan “make a match” dalam mengevaluasi pembelajaran qawaid nahwu ini memiliki pengaruh positif yang kuat. Para siswa belajar dengan aktif dan senang menggunakan permainan “make a match” ini dan mereka meminta untuk melakukannya secara berulang-ulang. Dan evaluasi pembelajaran nahwu dengan menggunakan permainan ini efektif untuk meningkatkan nilai belajar siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41223
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SITI RUQAYYAH BANGUN-FITK.pdf10.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.