Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41092
Title: Manajemen Pemasaran Sosial Pada Program Minggu Produktif Di Lembaga Rumah Semut Jalan Peduli
Other Titles: --
Authors: Azhar Fuadi
Advisors: Muhtadi
Keywords: Adopsi inovasi;signifikan
Issue Date: Jun-2018
Publisher: Fakultas Ilmu dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: ABSTRAK Azhar Fuadi Manjemen Pemasaran Sosial Pada Program Minggu Produktif Di Lembaga Rumah Semut Jalan Peduli Kekerasan pada anak adalah tindakan negatif yang dilakukan oleh seorang pelaku kekerasan kepada anak-anak yang dilakukan melalui kekerasan verbal ataupun non verbal. Kekerasan ini menimbulkan kerugian bagi anak-anak seperti trauma yang berkepanjangan sehingga anak menjadi takut dan tertutup dengan lingkungan sekitarnya. Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia menjelaskan bahwa kekerasan yang terjadi pada anak di Indonesia setiap tahun jumlahnya semakin meningkat. Program Minggu Produktif merupakan program pemberdayaan masyarakat yang digagas oleh Lembaga Rumah Semut Jalan Peduli yang efektif untuk memberikan sebuah edukasi dan hiburan kepada anak-anak. Tujuannya adalah memberikan sebuah kegiatan positif dan untuk menghibur anak-anak yang mengalami kekerasan di lingkungan tempat tinggalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses manajemen pemasaran sosial dan proses difusi inovasi pada Program Minggu Produktif. Proses gagasan yang ada dalam program Minggu Produktif dapat diadopsi oleh masyarakat sehingga menimbulkan perubahan sosial yang signifikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dijelaskan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi mendalam mengenai kegiatan Program Minggu Produktif di Lembaga Rumah Semut Jalan Peduli. Program ini menjadi salah satu kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi anak-anak. Manfaat yang diterima adalah menambah ilmu, mendapatkan pelatihan keterampilan, dan menambah teman baru. Manajemen pemasaran sosial adalah ide serta gagasan berupa program dari sebuah lembaga yang tujuannya adalah mengubah perilaku masyarakat yang mengarah kepada kebaikan. Dimana program ini berdampak positif bagi perubahan perilaku anakanak yang menjadi lebih percaya diri, mandiri, dan berani berpendapat. Adopsi inovasi dari Program Minggu Produktif diterima oleh masyarakat sehingga menimbulkan perubahan perilaku di lingkungan masyarakat.
Description: ix, 103 hlm,; 29 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41092
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
AZHAR FUADI-FDK.pdf7.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.