Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40792
Title: Peran pembimbing agama islam dalam mengembangkan kecakapan hidup generik (general life skills) pada anak yatim piatu di Panti Asuhan Bahru’ulum Podok Aren Tangerang Selatan
Other Titles: --
Authors: Mujahidin
Advisors: Suparto
Keywords: peran, pembimbing, agama islam;kecakapan hidup generik (general life skills)
Issue Date: Jun-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
Series/Report no.: --;--
Abstract: Kenakalan remaja semakin meningkat, hal ini bisa dilahat dengan banyaknya kasus di Indonesia sebagian besar disebabkan oleh remaja. Mulai dari masalah tawuran antara sekolah, narkoba, seks bebas, abrosi, pencurian, pemerkosaan, dan sebagainya. Minimnya pendidikan yang didapat, kurangnya kasih sayang dari orang tua serta kurangnya perhatian dari guru menyebabkan anak terjerumus kejalan yang salah. Di sinilah figur orang tua pengganti, dalam konteks ini pembimbing Agama Islam, berperan untuk mengawasi, mendidik dan melindungi anak-anak agar tidak terjerumus hal-hal negatif. Pembimbing agama disini selalu memotivasi agar anak panti mudah menjalakn perintah Allah SWT dan susah menjalakan larang-larangan Allah SWT. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Bahrul’Ulum Pondok Aren Tangerang Selatan. Bagaimana peran pembimbing Agama Islam dalam mengembangkan kecakapan generik general life skills di panti asuhan Bahrul’Ulum dan Metode apa saja yang digunakan dalam mengembangkan kecakapan hidup generik di panti Asuhan Bahrul’Ulum Pondok Aren Tangerang Selatan. Metode penelitian menggunakan pedekatan kualitatif dengan metode analisis deskritif adalah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat ini bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, factual, dan akurat tentang fakta-fakta dan objek tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yakni menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa, adanya perubahan dalam berkomunikasi dengan baik dan bekerjasama yang terjadi pada anak, setelah mengikuti bimbingan agama islam. Anak-anak lebih berani dan tidak minder, semakin taat kepada Allah SWT, memiliki akhlak yang baik, dan mudah berkomunikasi. Metode yang digunakan adalah ceramah, dialog, diskusi dan membentuk kelompok kecil. Kata Kunci: Peran, Pembimbing, Agama Islam, Kecakapan hidup generik (General Life Skills)
Description: viii, 65 hlm,; 29 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40792
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
MUHAMMAD SABRI-FDK.pdf4.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.