Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40511
Title: Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Teknik Peta Argumen Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Protista
Authors: Audina Lyadi
Advisors: Yanti Herlanti
Yuke Mardiati
Keywords: model problem based learning, peta argumen, keterampilan berpikir kritis, protista
Issue Date: 23-Jul-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Teknik Peta Argumen Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Protista. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian control group pretest posttest design. Penelitian melibatkan 59 siswa kelas X SMA Plus PGRI CIbinong. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pembelajaran kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning dengan teknik peta argumen sedangkan kelas kontrol pembelajaran saintifik dengan teknik peta argumen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes keterampilan berpikir kritis dalam bentuk essay. Analisis dari kedua kelompok menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil yang diperoleh yaitu nilai sig 0,036. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dengan teknik peta argumen berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi protista.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40511
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
AUDINA LYADI-FITK.pdf10.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.