Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40505
Title: Pengaruh Model Concept-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Authors: Aminatuzuhriah Rizki
Advisors: Tita Khalis Maryati
Maifalinda Fatra
Keywords: Model Concept-Based Learning;Berpikir Kritis Matematis;Kuasi Eksperimen
Issue Date: 12-Jul-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: AMINATUZUHRIAH RIZKI (11140170000007). “Pengaruh Model Concept-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis”. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Model Concept-Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Sampel penelitian ini terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen (Model Concept-Based Learning) dan 34 siswa kelas kontrol (Pembelajaran Konvesional) di MTs Negeri 12 Jakarta pada tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Randomize Control Group Post Test Only Design. Pemilihan kelas diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VII dengan pokok bahasan segiempat dan segitiga. Indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang diukur dalam penelitian ini adalah memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lebih lanjut, dan memutuskan suatu tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan Model Concept-Based Learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengggunakan pembelajaran konvensional.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40505
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
AMINATUZUHRIAH RIZKI - FITK.pdf6.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.