Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40412
Title: Istikhdaamu Istiraatiijiyati Atta’allumi Atta’aawunii Firaqu Al-‘Aabi Al-Mutanaafisati (TGT) Fii Tadriisi Al-Qiraaati Fii Madrasati Khazanah Kebajikan Ats-Tsaanawiyati Pamulang
Other Titles: Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Team Games Turnament (TGT) dalam Pengajaran Qira'ah di Sekolah MA Khazanah Kebajikan Pamulang
Authors: Nurbaiti
Advisors: Aziz Fahrurrozi
Wati Susiawati
Keywords: Team Games Turnament;Strategi Pembelajaran Kooperatif;Qira'ah
Issue Date: 12-Jul-2018
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini berjudul " Penggunaan Strategi Pembelajaran kooperatif Team Games Turnament dalam pengajaran Qira'ah di MA Khazanah Kebajikan Pamulang". Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap tentang penggunaan strategi pembelajaran kooperatif TGT (Team Games Turnament) dalam pembelajaran bahasa arab khususnya pada kemampuan baca diam dan kemampuan memahami teks bacaan, serta mengetahui perbedan hasil belajar siswa menggunakan strategi TGT dengan siswa yang tidak menggunakan strategi tersebut, dan mengetahui pengaruh penggunaan strategi TGT. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penulis mengumpulkan data dengan cara observasi langsung, wawancara dengan guru bahasa Arab dan memberikan tes kepada siswa. Untuk mencapai tujuan penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif dan eksperimen, yaitu metode yang terdiri dari dua kelompok. Kelompok pertama merupakan kelompok eksperimen yang menggunakan strategi TGT dalam pembalajaran bahasa arab, dan kelompok kedua merupakan kelompok kontrol yang menggunakan metode tarjamah dalam pembelajaran bahasa arab. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa yang belajar di sekolah ini yang terdiri dari enam kelas berjumlah 118 siswa, pada tahun pelajaran 2017/2018. Disamping itu, penulis mengambil sample 100% dari siswa kelas dua berjumlah 34 siswa. Penulis menggunakan rumus t-Test untuk mengetahui pengaruh strategi TGT dalam pembelajaran bahasa arab di sekolah ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil analisis statistik antara nilai rata-rata siswa kelompok eksperimen pada pretest dan posttest, yaitu hasil posttest siswa yang belajar menggunakan strategi TGT lebih baik dari siswa yang tidak menggunakannya. Penulis menyimpulkan bahwasanya pembelajaran membaca dengan menggunakan strategi TGT itu efektif.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40412
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.pdf1.25 MBAdobe PDFView/Open
NURBAITI-FUF.pdf12.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.