Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40304
Title: Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Four-tier pada Konsep Hukum Newton dan Penerapannya terhadap Siswa Kelas X di SMAN 7 Kota Tangerang Selatan
Authors: Mira Kusmira
Advisors: Fathiah Alatas, M.Si
Keywords: Miskonsepsi, Tes Diagnostik Four Tier, Hukum Newton
Issue Date: 30-May-2018
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Mira Kusmira, 1111016300025, Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Four Tier pada Konsep Hukum Newton dan Penerapannya terhadap Siswa Kelas X di SMAN 7 Kota Tangerang Selatan, Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada siswa kelas X dia SMAN 7 Kota Tangerang Selatan. Miskonsepsi merupakan suatu masalah dalam pembelajaran fisika yang cukup menghantui guru dan siswa serta membuat tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Miskonsepsi dapat diidentifikasi menggunakan tes diagnostik, salah atunya adalah four tier test. Penelitian ini menggunakan four tier test untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep hukum Newton dan penerapannya. Four tier test terdiri dari empat tingkatan (tier), yaitu tier pertama berisi soal pertanyaan dengan lima pilihan jawaban, tier kedua berisi pilihan tingkat keyakinan jawaban dari tier satu, tier tiga berisi soal alasan dan tier ke empat berisi tingkat keyakinan dari jawaban soal alasan. Sample yang digunakan adalah siswa kelas X yang berjumlah 119 orang dengan kemampuan berbeda. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa presentasi miskonsepsi tertinggi terjadi pada subkonsep gaya gesek yaitu 28,9% dan presentasi terendah terjadi pada subkonsep pengertian gaya dan pengertian hukumI Newton yaitu sebesar 5,45%. Penyebab miskonsepsi terdapat pada siswa dan guru. Solusi yang dapat diberikan yaitu, memberikan contoh-contoh aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, adanya keseimbangan mengajar antara konsep dan hitungan dan menanyakan konsep siswa sebelum pembelajaran dimulai. Kata kunci : Miskonsepsi, Hukum Newton dan penerapannya, Four Tier Test ABSTRAK Mira Kusmira, 1111016300025, The Identification of Misconceptions using Four Tier Diagnostic Test in Newton’s Law and Applications of 10th Grade Student at SMAN 7 South Tangerang City, BA Thesis, Study Program of Phisic Education, Department of Natural Science Education, Faculty of Tarbiya and Taechers’ Science, Syarif Hidayatullah Satate University Jakarta 2018. This research aims to identify misconceptions experienced by X students in SMAN 7 Kota Tangerang Selatan. Misconception is a problem in physics learning that is quite haunting teachers and students and make learning goals are not achieved properly. Misconceptions can identify by using diagnostic test, four tier test is the one of test diagnostic form. This research using four tier test to identify students misconception in Newton laws and the applications concept. Four tier test consist of four tier, 1st tier is the question problem with five answers key, 2nd tier is confidence ratings for the answer of 1st tier question, 3rd tier is reason tier and 4th tier is confidence rating of the reason tier. The sample used are students grade X which consists of 119 students with different abilities. The result of this research showed the highest students misconceptions presentage is in subconcept stringed force that is 28,9% and the lower stuents misonceptions is in subconcept understanding force and 1st Newtons law that is 5,45%. The cause misconception is caused by students and teachers. The solutions that can be given are giving examples of applications in everyday life, balancing teaching between concept and counting, and asking concept of student before starting learning. Keywords : Misconceptions, Newton’s Law and Application, Four Tier Test
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40304
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
MIRA KUSMIR-FITK19.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.