Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40256
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAde Rina Faridaid
dc.contributor.authorKateno Pratowoid
dc.date.accessioned2018-07-19T02:26:48Z-
dc.date.available2018-07-19T02:26:48Z-
dc.date.issued2017-04-
dc.identifier.issn---
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40256-
dc.descriptionv, 53 hlm.; 29 cmid
dc.description.abstractTelevisi merupakan media massa yang saat ini banyak digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan entertainment. Iklan adalah salah satu bagian dari informasi sebagai pengenal produk ke masyarakat. Salah satunya yaitu iklan snack makanan ringan HAI crackers dengan produk snack ringannya juga memanfaatkan peluang pasar dengan menarik pendakwah sekelas Mamah Dedeh. Mamah Dedeh sebagai salah satu da’i yang memiliki kredibilitas yang tinggi yang berkualitas dan memiliki jamaah yang banyak. Iklan snack makanan ringan Hai Crackers menitik beratkan kata-kata halal di dalam penayangannya, sehingga kata halalnya yang disebut berulang-ulang dalam iklan tersebut menarik untuk diteliti. Bagaimana istilah ikon, indeks, dan simbol istilah halal dalam iklan Hai Crackers? Halal adalah istilah bahasa Arab dalam agama Islam yang berarti "diizinkan" atau "boleh". Istilah ini dalam kosakata sehari-hari lebih sering digunakan untuk merujuk kepada makanan dan minuman yang diizinkan untuk dikonsumsi menurut dalam ajaran Islam. Halal merupakan jaminan keamanan bagi seorang konsumen muslim untuk dapat memilih makanan yang baik baginya dan sesuai dengan aturan agama. Produk makanan yang memiliki sertifikat halal adalah produk yang di dalam proses pengolahannya memenuhi standar dalam keamanan dan kebersihannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penulis dalam penelitian ini akan menggambarkan dan menjelaskan secara kualitatif sebuah iklan snack makanan ringan Hai Crackers. Data diperoleh melalui proses observasi dengan melakukan proses mengunduh iklan Hai Crackers yang didapatkan dari situs Youtube kemudian dipilih menjadi beberapa scene dan wawancara, baik terstruktur maupun tidak terstruktur yang kemudian semua data tersebut di analisa dalam penelitian ini secara deskriptif dengan mengacu kepada kerangka teori. Teori Semiotik oleh Charles S. Peirce, menjelaskan bahwa tanda-tanda berkaitan dengan objek-objek yang menyerupainya, keberadaannya memiliki hubungan sebab-akibat dengan tanda-tanda atau karena ikatan konvensional dengan tanda-tanda tersebut. Upaya klasifikasi yang dilakukan oleh Peirce terhadap tanda memiliki kekhasan meski tidak dapat dibilang sederhana. Peirce membedakan tipe-tipe tanda menjadi : Ikon (icon), Indeks (index), dan Simbol (symbol) yang didasarkan atas relasi diantara representamen dan objeknya. penulis akan mengamati dari ketiga unsur tersebut dan menghubungkan ke dalam penelitian ini. Kesimpulan semiotika iklan Hai Crackers yang di bintangi oleh Mamah Dedeh dengan peistilahan nilai halalnya adalah untuk khalayak orang tua dan anak-anak yang menjadi target konsumen dari iklan produk makanan halal, agar tidak terjebak dalam stereotype-streotype dalam iklan yang tidak memakai label halal dari penampilan konsep iklan produk makanan. Pilihlah makanan yang memiliki label atau sertifikasi halalnya untuk dikonsumsi, karena sudah terjamin mutu dan kehalalan komposisi dari bahan makanan agar tidak menyebabkan penyakit setelah dikonsumsi. Kata Kunci : Semiotik, Iklan, Hai Crackers, Istilah Halalid
dc.description.sponsorshipAde Rina Farida, M.Siid
dc.description.uri--id
dc.language.isoidid
dc.publisherJakarta : Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullahid
dc.relation.ispartofseries--;---
dc.subjectsemiotik, iklanid
dc.subjecthai crackers, istilah halalid
dc.titleAnalisis semiotik istilah halal dalam iklan hai crackersid
dc.title.alternative--id
dc.typebachelorThesisid
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
KATENO PRATOWO-FDK.pdf2.85 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.