Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40213
Title: Ta'liim al-Ashwaat lil-Athfaal 'abro Android (Dirosah Tajriibiyyah Tathbiiqiyyah "Ashwaat al-Huruuf al-Hijaiyyah" fii Madrosah Ta'liim al-Quran bi Masjid RAya Bintaro Jaya
Authors: Robiah Nilla Fauziah
Advisors: dr. Torkis Lubis, D.E.S.S
Keywords: Pembelajaran ashwat;android;pembelajaran ashwat anak
Issue Date: 12-Apr-2018
Publisher: (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Abstract: Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar, begitu juga dalam pembelajaran BTQ pada TPQ Masjid Raya Bintaro Jaya. Peneliti menggunakan aplikasi adnroid sebagai media pembelajaran huruf hijaiyyah pada tingkat anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan pengaruh penggunaan media aplikasi android dalam pembelajaran ashwaat terhadap kemampuan mengucap huruf pada anak-anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta jenis penilitian deskriptif. Hasil yang diperoleh bahwasanya adanya efektifitas dan pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa aplikasi android pada hasil belajar anak, dapat dikatakan demikian berdasarkan hasil uji T yang diperoleh oleh kelas eksperimen lebih kecil dari nilai T Table, nilai uji T sebesar 1,515 dan nilai T Table sebesar 2,048. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peningkatan hasil dipengaruhi juga oleh kompetensi guru yang mengajarkan, oleh karena itu, kelemahan dari penggunaan media aplikasi android pada pembelajaran ashwat anak antara lain anak tidak dapat menirukan secara langsung bagaimana guru mengucapkan huruf sesuai makhroj yang tepat meskipun mendengar langsung dari sumber nya yakni native speaker, adapun secara waktu, pembelajaran dengan android juga menggunakan waktu lebih lama.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40213
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Robiah Nilla Fauziah-FITK5.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.