Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39984
Title: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika
Authors: Eva Fauziah
Advisors: Tita Khalis Maryati
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah
Issue Date: 26-Jun-2018
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Eva Fauziah.NIM.1111018300052.Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuanmenyelesaikan soal cerita matematikadenganpenerapan model pembelajaranberbasismasalah. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Action Classroom Research)yang dilakukanselamaduasiklus. Penelitianinidilakukan di SD Muhammadiyah 2 SukmajayaDepokpadasiswakelas IV TahunAjaran 2015/2016.Subjekpenelitianadalahsiswakelas IV-B yang berjumlah 25 siswa yang terdiridari 16 orang siswadan 9 orang siswi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanmenyelesaikansoalceritamatematikasiswamelalui model PembelajaranBerbasisMasalah (PBM) mengalamipeningkatan. Peningkatansiswadapatdilihatpadarata-rata persentaseskorindikatordalammenyelesaikansoalceritamatematikapadasiklus II telahmencapaikriteriakeberhasilanyaitu 5,65% lebihbesardarikriteriakeberhasilan yang diharapkanyaitu≥ 70%. Peningkatankemampuanmenyelesaikansoalceritamatematikajugaditandaidenganpeningkatanaktivitasbelajarsiswamencapai 80,07% padasiklus II dengankriteriakeberhasilan yang diharapkan ≥ 75%. Responpositifsiswaterhadap model PembelajaranBerbasisMasalah pun melebihikriteriakeberhasilan yang diharapkan rata-rata persetase ≥ 75%yaitupadasiklus II dengan rata-rata persentase 80,6%. Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Soal Cerita Matematika, PenelitianTindakanKelas
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39984
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
EVA FAUZIAH-FITK7.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.