Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39961
Title: Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Betawi Untuk Meningkatkan Musical Intelligence Dan Bodily Kinesthetic Pada Siswa Kelas IV SD Islam Taman Quraniyah Jakarta Selatan
Authors: Tria Puspasanti
Advisors: Dr. Fery Muhamad Firdaus, M.Pd
Keywords: Pembelajatan Tematik, Budaya Betawi, Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Kinestetik.
Issue Date: 9-Aug-2018
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: ABSTRAK Tria Puspasanti (11140183000042), Penerapan Pembelajaran Tematik Berbabsis Budaya Betawi untuk Meningkatkan Musical Intelligence dan Bodily Kinesthetic Intelligence Siswa Kelas IV SD Islam Taman Quraniyah Jakarta Selatan, Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Juni 2018). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik siswa kelas IV SD Islam Taman Quraniyah dengan menerapkan pembelajaran tematik berbasis budaya Betawi. Pembelajaran tematik berbasis budaya Betawi merupakan proses pembelajaran tentang budaya Betawi, melalui budaya Betawi, sekaligus melestarikan budaya Betawi. Penerapannya dilaksanakan dengan kegiatan mengingat kembali melodi musik dan menyanyikan lagu sesuai dengan nada serta menarikan tarian daerah Betawi. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan model John Elliot. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Taman Quraniyah dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan pedoman wawancara. Data yang telah terkumpul di analisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil tes kecerdasan musikal siswa pada siklus I terdapat 14 siswa (52%) yang mencapai target dengan hasil rerata kelas 70. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 20 siswa (74%) yang mencapai target dengan rerata kelas yang dicapai sebesar 80. Kemudian pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 23 siswa (85%) yang mencapai target dengan hasil rerata kelas 87. Adapun hasil tes kecerdasan kinestetik siswa pada siklus I terdapat 10 siswa (37%) yang mencapai target dengan hasil rerata kelas 57. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 16 siswa (59%) yang mencapai target dengan rerata kelas yang dicapai sebesar 62. Kemudian pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 22 siswa (81%) yang mencapai target dengan hasil rerata kelas 78. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik berbasis budaya Betawi dapat meningkatkan kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik siswa kelas IV SD Islam Taman Quraniyah. Kata Kunci: Pembelajatan Tematik, Budaya Betawi, Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Kinestetik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39961
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Tria Puspasanti-FITK94.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.