Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39955
Title: Pengaruh Pembelajaran Konseptual Interaktif (Interactive Conceptual Instruction) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Authors: Azizah Balqis
Advisors: Gusni Satriawati
Finola Marta Putri
Keywords: Konseptual Interaktif (Interactive Conceptual Instruction);Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Issue Date: 28-Jun-2018
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: AZIZAH BALQIS (1111017000073), “Pengaruh Pembelajaran Konseptual Interaktif (Interactive Conceptual Instruction) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Mei 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemamuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konseptual Interaktif (Interactive Conceptual Instruction). Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Muhajirin tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Sampel penelitian sebanyak 68 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol yang dipeproleh dengan teknik cluster sampling. Pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah perlakuan menggunakan instrument tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konseptual Interaktif (Interactive Conceptual Instruction) lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konseptual Interaktif (Interactive Conceptual Instruction) pada indikator mengidentifikasi kecukupan data untuk menyelesaikan masalah sebesar 89,29, membuat model matematik sebesar 80,71, memilih dan menerapkan strategi 57,86, dan menjelaskan hasil dan memeriksa kebenaran hasil sebesar 88,57. Sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada indikator mengidentifikasi kecukupan data untuk menyelesaikan masalah sebesar 84,85, membuat model matematik sebesar 75,76, memilih dan menerapkan strategi 44,70, dan menjelaskan hasil dan memeriksa kebenaran hasil sebesar 81,06. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Konseptual Interaktif (Interactive Conceptual Instruction) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39955
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Azizah Balqis-FITK1.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.