Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39953
Title: Analisis kemampuan gemetri siswa SMA berdasarkan teori Van-Hiele
Authors: Alliyus Syamil
Advisors: Gelar Dwirahayu
Ramdani Miftah
Keywords: geometri van-hiele;kemampuan geometri
Issue Date: 29-Jun-2018
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Analisis Kemampuan Berpikir Geometri Siswa Sma berdasarkan Teori Van Hiele. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan kemampuan berpikir geometri siswa SMA berdasarkan teorema van-Hiele. Subjek penelitian adalah 160 siswa yang terdiri dari sekolah SMA Negeri 10 Kota Depok, Madrasah Aliyah Al-Hamidiyah, dan SMA Negeri 86 Jakarta. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Kemampuan visualisasi siswa SMA mencapai 45.25%. siswa sudah dapat menjelaskan dan menunjukan bentuk dari apa yang dilihat namun belum dapat memilih objek yang serupa jika objek tersebut ditransformasi baik secara rotasi maupun perubahan sudut pandang (2) Kemampuan Analisis siswa SMA mencapai 39.58%. Siswa sudah dapat menganalis kedudukan garis dan bidang pada sebuah bangun 3 dimensi namun siswa belum dapat menyebutkan sifat-sifat suatu bangun 2 dimensi serta proyeksi sebuah objek ke objek (3) Kemampuan deduksi informal siswa SMA mencapai 10.60%. Siswa dapat menjawab besar sudut antar bidang, menentukan jarak dari titik ke bidang, menentukan jarak dari bidang ke bidang, dan menentukan irisan sebuah bangun berdasarkan pemikiran secara deduksi informal. Siswa mampu menjawab dengan cara hubungan ‘jika-maka”. Kemampuan deduksi siswa SMA mencapai 7.19%. Siswa dapat membuktikan sebuah persoalan namun hanya sebatas pembuktian deduksi informal dan visual.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39953
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
ALLIYUS SYAMIL-FITK.pdf2.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.