Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39807
Title: Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Jam'iyyatul Khair
Authors: Nairul Jariyah
Advisors: Dr. Didi Suprijadi, M.M
Dr. Fery Muhamad Firdaus, M.Pd
Keywords: Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik;Kemandirian Belajar Siswa
Issue Date: 2018
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta
Abstract: NAIRUL JARIYAH (11140183000002). Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Jam’iyyatul Khair. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Siswa berbasis saintifik terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV MI Jam’iyyatul Khair. LKS berbasis saintifik merupakan lembaran berbasis keilmuan yang berisikan ringkasan materi, kegiatan terprogram dan tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh siswa yang mana di dalamnya mencakup tahapan mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan hasilnya. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara random. Kelas IV B sebagai kelas eksperimen mendapat perlakuan LKS berbasis saintifik dan kelas IV A tidak mendapat perlakuan LKS berbasis saintifik. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji parametrik metode Independent Sample T Test diperoleh signifikansi0,000lebih kecil dari 0,05 yang berarti memenuhi kriteria ((Sig.(2-tailed))<0,05 yaitu 0,000<0,025, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima yang berarti terdapat perbedaan rata-rata antara dua kelompok. Jumlah rata-rata kelas eksperimen sebesar 84,39 dan kelas kontrol sebesar 75,39 hal tersebut menunjukkan kemandirian belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dengan demikian, LKS berbasis saintifik berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran tematik. Selain itu, berdasarkan perhitungan uji pengaruh (effect size) dengan menggunakan rumus cohen’s d, diperoleh nilai effect size cohen’s d sebesar 0,9. Nilai effect size 0,9 menginterpretasikan bahwa LKS berbasis saintifik memiliki pengaruh pada kategori tinggi. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis saintifk berpengaruh tinggi terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV MI Jam’iyyatul Khair. Kata Kunci:Kemandirian Belajar Siswa, LKS Berbasis Saintifik, Pembelajaran Tematik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39807
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
NAIRUL JARIYAH-FITK25.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.