Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39805
Title: Implementasi Pilar-Pilar Pembelajaran UNESCO di Kelas IV SDN Cikumpa Depok
Authors: Dwitia Nur Pradini
Advisors: Ja'far Sanusi
Dindin Ridwanudin
Keywords: Implementasi;Pilar Pembelajaran;UNESCO
Issue Date: 11-May-2018
Abstract: Dwitia Nur Pradini (11140183000028). Implementasi Pilar-Pilar Pembelajaran UNESCO di Kelas IV SDN Cikumpa Depok. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, April 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pilar-pilar pembelajaran UNESCO di kelas IV SDN Cikumpa Depok tahun ajaran 2017/2018.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi.Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi.Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil observasi, pilar-pilar pembelajaran UNESCO yaitu learning to know, learning to do, learning to live together dan learning to be diterapkan kurang maksimal di kelas IV SDN Cikumpa Depok.Hal ini disebabkan karena beberapa faktor tertentu.Berdasarkan hasil wawancara menurut guru kelas, keempat pilar pembelajaran UNESCO di kelas IV telah diterapkan dengan baik.Hasil studi dokumentasi menunjukkan hasil bahwa guru tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat.Dengan demikian, implementasi pilar-pilar pembelajaran UNESCO di Kelas IV SDN Cikumpa Depok termasuk ke dalam kategori cukup baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39805
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
Dwitia Nur Pradini-FITK19.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.