Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39799
Title: Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran SQ3R Pada Siswa Kelas 5 SDN Pamulang Permai
Authors: Nur Azizah Hasibuan
Advisors: Dr. Marzuki Mahmud, M.Pd
Dindin Ridwanudin, M.Pd
Keywords: Metode Pembelajaran SQ3R;Keterampilan Membaca Pemahaman
Issue Date: Jun-2018
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta
Abstract: Nur Azizah Hasibuan (11140183000017). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran SQ3R Pada Siswa Kelas 5 SDN Pamulang Permai. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018. Penelitian ini bertujan untuk meningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 5 melalui metode pembelajaran SQ3R. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Pamulang Permai, subjek penelitian adalah siswa kelas 5 tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 51 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, yang terdiri dari lembar observasi aktivitas mengajar guru dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Serta lembar penilaian keterampilan membaca pemahaman. Validasi lembar observasi dan lembar penilaian ditentukan melalui Judgemen Ahli. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa selama proses kegiatan belajar mengajar pada siklus I belum seluruhnya sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran metode SQ3R, sedangkan pada siklus II seluruh pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah metode pembelajaran SQ3R dan menunjukkan kategori baik. Hasil penilaian keterampilan membaca siswa pada siklus I terdapat 84% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM. Sedangkan pada siklus II terdapat 90,9% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM. Dengan hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 5 SDN Pamulang Permai. Kata Kunci : Keterampilan Membaca Pemahaman, Metode Pembelajaran SQ3R
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39799
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Nur Azizah Hasibuan-FITK62.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.